Fraksi NasDem DPRD Manggarai Barat Bagi Buku Bacaan

- Kamis, 15 September 2022 | 12:31 WIB
Ketua Fraksi Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat, Benidiktus Nurdin saat menyerahkan buku bacaan kepada Ketua Dewan Paroki Tri Tunggal Maha Kudus Ranggu, Silvester Guna (victorynews.id/SAT)
Ketua Fraksi Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat, Benidiktus Nurdin saat menyerahkan buku bacaan kepada Ketua Dewan Paroki Tri Tunggal Maha Kudus Ranggu, Silvester Guna (victorynews.id/SAT)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Fraksi Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Barat, NTT membagi ratusan buku bacaan kepada beberapa sekolah di desa terpencil di sejumlah kecamatan, Kamis (15/9/2022) siang.

Bantuan ribuan buku bacaan Kali ini adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purek di Kecamatan Pacar menjadi sasaran donasi.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Manggarai Barat, Benediktus Nurdin mengatakan, kegiatan donasi buku yang dilakukan merupakan bagian dari komitmen partai NasDem dalam membantu meningkatkan semangat baca anak-anak sekolah di bawah "Gerakan Katakan dengan Buku".Bantuan buku bacaan untuk menumbuhkan minat baca dan pertumbuhan intelektual masa depan untuk anak usia dini di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga: Dinsos Siapkan 90 Ton Beras Untuk Korban Bencana Alam

Ia mengaku, upaya menyumbang buku ke sekolah-sekolah adalah inisiatif pribadi bersama seluruh nggota DPRD Partai NasDem.Serta muncul dari rasa prihatin terhadap ketersediaan buku buku bacaan di wilayah pelosok desa.Bantuan buku ini untuk mendorong minat baca anak-anak dan generasi muda agar lebih bisa mencintai buku dan membaca buku.

Ia menjelaskan, membagi buku bacaan gratis dilakukan karena Fraksi NasDem menilai Buku itu jendela dunia, buku itu pintu kehidupan.Melalui buku kita dapat mengenal dunia dan segala kehidupan yang ada di dalamnya.Buku juga menjadi penanda atas peradaban dan kebudayaan yang dibangun manusia.

Bantuan buku bacaan ini spiritnya sederhana, yaitu anak-anak sekolah lebih semangat membaca buku dan dengan demikian kualitas pendidikan bisa menjadi lebih baik.Pengadaan buku bacaan ini hasil kerja sama Fraksi NasDem dengan komunitas Katakan Dengan Buku dimana penggagasnya yaitu John Lobo, seorang tenaga pendidik dan juga pegiat literasi.

Baca Juga: Wisata Baca Merangsang Minat Baca Anak

Beni Nurdin menambahkan, rendahnya minat baca anak yang menjadi momok dalam dunia pendidikan saat ini salah satunya disebabkan oleh ketiadaan buku-buku untuk dibaca.Karena di mata anak-anak sekolah, semakin rajin membaca buku maka anak akan semakin semangat belajar. Sehingga terhindar dari putus sekolah.

"Karena itulah kami merasa tergerak untuk bersama-sama mengatasinya. Kami berharap, sekolah yang menerima bantuan buku-buku ini dapat memanfaatkannya dalam mendorong anak sekolah agar sering membaca," imbuh Beni.

Menurutnya, rata-rata pelajar pada lembaga pendidikan di desa sekarang tidak banyak dibekali dengan membaca buku. Salah satu penyebabnya yaitu ketersediaan buku bacaan bagi anak-anak sangat kurang.

Oleh karena itu, dirinya bersama fraksi NasDem berinisiatif untuk melakukan gebrakan kecil ini melalui sumbangan buku ke setiap sekolah-sekolah dan taman bacaan di kampung-kampung.

Baca Juga: Bupati Edi Endi Ajak Warga Galakkan Tanam Pohon Bambu

Kepala Sekolah SDN Purek, Dolfonsius Suhardi saat menerima buku tersebut mengungkapkan, sekolahnya merasa sangat terbantukan dalam urusan mendongkrak budaya membaca anak.Dengan buku bantuan ini, gerakan literasi di SDN Purek akan menjadi hidup dan dengan demikian dirinya yakin anak sekolah menjadi lebih melek membaca buku.

Menurut dia, selama ini SDN Purek mengalami keterbatasan sumber daya dalam mengadakan buku, terutama buku bacaan di luar buku pelajaran.

Ia mengucapkan, terima kasih kepada Ketua Fraksi NasDem, Beny Nurdin yang telah menyumbangkan buku secara gratis ke lembaga SDN Purek. Tentunya, sumbangan ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi SDN Purek.

Baca Juga: Nelayan Keluhkan Kenaikan BBM

Harapannya, dengan buku ini, anak-anak akan terpacu untuk membiasakan diri mereka dengan membaca buku setiap hari.

"Persisnya sekolah kami belum memiliki buku-buku bacaan selain buku pelajaran. Akibatnya anak-anak cepat bosan dan semangat baca mereka pun menurun. Karena itu, kami sangat senang ketika mendapatkan bantuan ini," ujar Dolfo Suhardi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB
X