Pemkab Manggarai Barat Antisipasi Kemacetan

- Selasa, 13 September 2022 | 11:06 WIB
Kondisi Ruas Jalan Soekarno Harta  (victorynews.id/SATRIA)
Kondisi Ruas Jalan Soekarno Harta (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat melalui Dinas Bina Marga Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi didalam jalur Labuan Bajo,dengan melakukan pendekatan dengan pengusaha yang berada pada jalur utama Labuan Bajo.

Kepala Dinas Bina Marga Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat, Yosef Suhandi, Selasa (13/9/2022) mengatakan, jalan Soekarno Hatta atau jalur utama menuju Pelabuhan Pelni menjadi langganan kemacetan setiap hari. Hal itu disebabkan tidak adanya area parkir kendaraan yang dimilik oleh tempat usaha restoran dan hotel sepanjang jalan Soekarno Hatta.

Kendaraan pengunjung, milik karyawan dan pemilik usaha yang memanfaatkan area badan jalan sebagai lahan parkir kendaraan.

Baca Juga: KUPP Kelas II Labuan Bajo kumpul sampah

Ia mengungkapkan, pihaknya selama ini terus mengantisipasi kemacetan yang terjadi akibat tidak ada area parkir tersebut dengan menempatkan tukang parkir di sepanjang jalan soekarno. Namun masalah kemacetan belum juga tuntas diselesaikan.

Apalagi kondisi jalan jalur Seokarno Hatta sangat tidak lebar. Serta jalur tersebut merupakan jalur satu-satunya yang dilalui kendaraan ekspedisi dan petikemas dari Pelabuhan Pelni dan dermaga ASDP Labuan Bajo.

Untuk mengatasi kemacetan disejumlah titik pada jalur dalam kota Labuan Bajo,pihaknya kata Yos Suhandi berjanji akan mendatangi seluruh pemilik tempat usaha atau  bisnis yang ada di Labuan Bajo agar tidak mengunakan seluruh area badan jalan sebagai tempat parkir. Setidaknya seluruh kendaraan milik karyawan atau milik perusahan di larang parkir pada badan jalan.

Selain mendatangi pemilik usaha,Dinas Bina Marga Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat telah memasang rambu-rambu lalullintas tentang pelarangan parkir sepanjang jalan Soekarno. Pihaknya juga telah menyiapkan lapangan sepak bola kampung ujung untuk dijadikan tempat parkir kendaraan.

Baca Juga: Yayasan LeViCo Sumbang Material Bangunan Mesjid Papagarang

Dimana nantinya bagi wisatawan atau masyarakat yang ingin makan dan menginap pada hotel dan restoran sepanjang jalan Soekarno Hatta kendaraan harus parkir di lapangan sepak bola Kampung Ujung,"jelas Yos Suhandi.

Ia mengaku, penyebab kemacetan lantaran para pengusahan baik pemilik hotel maupun restoran sepanjang jalan Soekarno Hata tidak taat pada aturan yang berlaku. Padahal seharusnya kendaraan milik pengusaha hotel dan restoran tidak boleh parkir dibadan jalan selama lebih dari 24 jam. Sehingga,tukang parkir yang berada dilapangan kesulitan mengatur arus lintas pada jalur Jalan Soekarno Hatta tersebut.

Yos Suhandi mengungkapkan, kepadatan kendaraan pada jalur Soekarno Hatta tidak hanya terjadi pada saat sore hari. Namun kepadatan di sepanjang jalan Soekarno Hata dan sejumlah titik seperti pasar inpres terjadi di siang bahkan malam hari.

Pada malam hari kendaraan yang mengangkut wisatawan untuk dihantar ke restoran pada malam hari cukup tinggi. Kendaraan pengangkut wisatawan juga ikut parkir dibadan jalan untuk menunggu wisatawan kembali ke penginapan.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Minta Kades Gunakan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Ekonomi

Dinas Bina Marga Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat selama ini kata dia, melakukan koordinasi dengan Satuan Lalulintas Polres Manggarai Barat untuk sama-sama turun ke lokasi jalur untuk mengatur arus lalulintas.

Serta sejumlah jalur telah dilakukan perubahan jalur kendaraan seperti di Pasar Batu Cermin dan Pertigaan Pantai Pede,pihaknya memperlakukan kendaraan satu jalur. Hal itu disebabkan karena arus kendaraan pada Dua jalur itu cukup tinggi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X