80 % Masyarakat Kecamatan Macang Pacar Belum Menikmati Listrik PLN

- Kamis, 1 September 2022 | 08:03 WIB
Ilustrasi listrik menyala
Ilustrasi listrik menyala
VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Hampir 80 persen desa di Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten  Manggarai  Barat sampai hari ini belum menikmati aliran listrik dari PLN. Selama ini, hanya warga yang mampu saja menikmati listrik dari mesin diesel genset/generator, Itupun warga yang mengunakan genset atau generator harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM).
 
Sekertaris Camat Macang Pacar, Sarimin Malonde, Kamis (1/9/2022) mengatakan, 80 persen desa di Macang Pacar belum menikmati Listrik dari PLN. Proposal dari Pemerintah Kecamatan Macang Pacar setiap tahun di kirim ke PLN Rayon Manggarai Raya di Ruteng.
 
Namun,belum ada tanda pembukaan jaringan PLN di Kecamatan Macang Pacar. Berdasarkan informasi pihak PLN Manggarai bahwa proposal dari Kecamatan Macang Pacar sudah sampai ke pusat atau ke Menteri di Jakarta. Mudah-mudahan dengan sampai di Jakartanya proposal pembukaan jaringan Listrik itu,maka untuk tahun depan diharapkan di Macang Pacar dapat membuka jaringan baru," ujarnya.
 
 
Sarimin menurutkan, di wilayahnya yang menikmati listrik dari genset atau generator hanya orang-orang tertu saja. Rata-rata orang tertentu itu adalah masyarakat yang berstatus PNS dan pengusaha. Hanya orang PNS dan pengusaha saja yang menikmati listrik. Namun,tidak semua PNS di Kecamatan Macang Pacar yang memiliki Genset atau Generator, sebagiannya saja.
 
Bagi yang ada genset atau generator harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli Bensin dan Solar. Untuk harga Bensi perliternya di banter dengan harga Rp 15.000/liter dan Solar Rp 9.000/Liter. Mahalnya harga Bensi dan solat dikarenakan tidak ada SBPU atau pusat penjualan bahan bakar. 
 
"Beli bensinnya di Ruteng dan di Labuan Bajo. Harga Bahan bakar sangat mahak karena tidak ada SBPU terdekat di Kecamatan Macang Pacar," tutur Sarimin.
 
Menurutnya, potensi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air di Macang Pacar sangat banyak seperti ada beberapa kali besar disebagian desa. Namun,karena tidak ada anggaran sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat tidak membangun PLTA di wilayah Macang Pacar.
 
Sampai hari ini masyarakat Macang Pacar sangat merindukan agar PLN membuka jaringan listrik melalui Kecamatan Kuwus. Sebagai Kecamatan Kuwus sudah ada jaringan Listrik,sehingga jika disini PLN membuka jaringan maka harus sambung dari Kecamatan Kuwus,sebab kecamatan Kuwus sangat dekat dengan kecamatan Macang Pacar.
 
‎Pengawas Sekolah di UPTD Dinas Pendidikan Macang Pacar, Agustinus Da Kosta Tanggol mengatakan, akibat tidak ada Listrik,sekolah-sekolah yang paling merasangkan persoalan. Seperti,komputer sekolah tidak bisa beroperasi,begitu juga ketika ujian sekolah.
 
Soal mata pelajaran diketik pake mesin ketik bahkan soal ujian pake tulis tangan. Sekolah yang paling merasakan pahitnya tidak ada Listrik.
 
"Bantuan komputer dari pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah tidak bisa dimanfaatkan di sekolah-sekolah di Macang Pacar. Pemerintah Pusat tidak mengetahui kalau di daerah di Mabar belum seluruhnya menikmati listrik,sehingga kita sarankan agar kedepannya bagi kecamatan Macang Pacar jangan sumbang Komputer tetapi bantuan buku cetak," ujarnya.
 
 
Anggota DPRD Manggarai Barat dari Dapil Macang Pacar, Beni Nurdin mengatakan saat reses sudah berkali-kali dikeluhkan oleh masyarakat Macang Pacar soal kebutuhan akan Listrik. DPRD sudah berkoordinasi dengan pihak PLN Rayon Labuan Bajo agar memikirkan untuk membuka jaringan listrik di Macang Pacar.
 
Kabupaten Manggarai Barat saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat dengan kunjungan Menteri BUMN kemarin di Labuan Bajo persoalan listrik tidak menjadi masalah serta diharapkan agar seluruh wilayah di Kabupaten Manggarai Barat ,masyarakat sudah menikmati listrik," harap Beni Nurdin.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Kawal Dana Desa

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:05 WIB

Kolo Ted'du  Alat Masak Tradisional Dari Bambu

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:52 WIB

Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:12 WIB

Desa Wisata Butuh Koneksi Internet

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:28 WIB

Pemkab Manggarai Timur Bersih- Bersih THL

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:21 WIB

‎Edi Endi: Kepala Desa Baru Jangan Korupsi

Rabu, 30 November 2022 | 18:09 WIB

Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Selasa, 29 November 2022 | 17:43 WIB

Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

Selasa, 29 November 2022 | 17:22 WIB

692 Orang Melamar jadi PPK di Kabupaten Manggarai

Selasa, 29 November 2022 | 09:59 WIB
X