Sektor Pariwisata Jadi Andalan Macang Pacar di Masa Depan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:49 WIB
BUMDes Desa Wisata di Kecamatan Macang Pacar sedang menandatangani dokumen bantuan dari Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
BUMDes Desa Wisata di Kecamatan Macang Pacar sedang menandatangani dokumen bantuan dari Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Sejumlah obyek wisata yang berada di Kecamatan Macang Pacar,Kabupaten Manggarai Barat akan menjadi andalan masyarakat di wilayah itu untuk peningkatan ekonomi.Sehingga sektor pariwisata di Kecamatan Macang Pacar dipastikan akan menjadi andalan diwilayah itu pada masa mendatang.

Hal itu disampaikan Camat Macang Pacar,Sarimin Malonde kepada media ini di Labuan Bajo, Rabu (17/8/2022) di kantor Bupati Manggarai Barat.

Camat Macang Pacar,Sarimin Malonde optimis bahwa sektor pariwisata akan menjadi sektor andalan masyarakat Macang Pacar di masa depan, di samping sektor pertanian dan perkebunan.Hal itu didukung oleh sejumlah obyek wisata di Kecamatan Macang Pacar, antara lain Gua Empo Sanga di Desa Wontong, Watu Timbang Raung di Desa Rego, Hutan Kalong di Pulau Longos, dan habitat asli komodo (varanus komodoensis) yakni di Desa Bari dan Pulau Longos.

Ia menjelaskan, Gua Empo Sanga adalah sebuah gua besar yang di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit. Gua ini juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar.

Pemerintah Desa Wontong sudah membangun jalan masuk ke gua tersebut sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.Hampir setiap tahun terdapat puluhan wisatawan asing mengunjungi obyek wisata Gua Empo Sanga.

Baca Juga: Siswa SDI Kerora Bebas Dari Ancaman Komodo

Selain itu,Objek wisata Watu Timbang Raung atau batu raksasa di Desa Rego,  menyimpan kisah heroik dan mistik di baliknya. Sedangkan hutan kalong di Pulau Longos yang berada dalam wilayah Desa Nanga Kantor Barat menjadi rumah bagi ribuan kelelawar.

"Tahun lalu sempat heboh karena ditemukan satu ekor komodo besar di Bari dan disaksikan langsung oleh petugas Konservasi Sumber Daya Alam,"ujar Sarimin.

Sarimin mengatakan, kekayaan objek wisata di Kecamatan Macang Pacar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik serta menjadi andalan di sektor pariwisata bagi masa depan  masyarakat di wilayah itu.

Untuk itu yang perlu dilakukan adalah penataan objek-objek wisata, pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan menuju lokasi wisata, serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat setempat.

Ia mengaku, yang menjadi persoalan sekarang adalah bagaimana mengintegrasikan sektor pariwisata dengan sektor pertanian dan perkebunan agar dapat bersinergi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Saya optimis, sektor pariwisata kelak akan menjadi andalan masyarakat Macang Pacar di samping sektor pertanian dan perkebunan,” tuturnya.

Sarimin menambahkan, begitu banyak potensi yang di miliki oleh desa yang bisa di kelola dan dikembangkan  bersama oleh pemerintah desa di Kecamatan Macang Pacar  dan masyarakat itu sendiri.

Baca Juga: Dokter Hewan Vaksin Gratis Hewan Peliharaan Masyarakat

Tinggal bagaimana Pemerintah Desa  membuat sebuah perencanaan yang strategis dalam menentukan sektor pariwisata  apa yang akan di fokuskan untuk di jalankan.Salah sektor potensi yang dapat di kembangkan adalah pariwisata, karena hampir setiap desa di Macang Pacar memilki potensi pariwisata yang dapat di kelola  baik dari kebudayaan hingga wisata alam yang bisa dijadikan sebuah konsep bisnis yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa,"jelasnya.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan Sektor pariwisata di Manggarai Barat kini menjadi salah satu sektor andalan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.Hampir diseluruh kecamatan di Manggarai Barat memiliki banyak obyek wisata yang menarik wisatawan. Namun,sayangnya belum dioptimalkan dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat kata Edi Endi, kedepannya akan fokus membenah infrastruktur jalan dan jembatan menuju obyek wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.Hal itu bertujuan agar akses wisatawan menuju obyek wisata yang ada di desa tidak terkendala.

Apalagi rata-rata obyek wisata yang cukup terkenal di Manggarai Barat berada di daerah pedalaman.

Baca Juga: Dukung Promosi Wisata, Shorinji Kempo Komodo Gelar Apel HUT RI di Bukit Sylvia

Ia mendorong, Pemerintah Desa di Kecamatan Macang Pacar untuk menata obyek wisata yang ada di desanya.Hal itu bertujuan agar masyarakat yang berada di desa dapat mengambil keuntungan melalui bisnis jasa pariwisata dengan destinasi wisata yang dmiliki oleh desa itu sendiri.

" Salah satu desa yang perekonomiannya menggeliat karena didorong sektor pariwisata adalah Desa Liang Ndara di Kecamatan mbeliling dan Desa Batu Cermin,Kecamatan Komodo.Dua desa itu melalui BumDes terus geliat mempromosikan destinasi wisata,"kata Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB
X