Bupati Manggarai Barat Pastikan Kebutuhan Air Bersih Terpenuhi

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:10 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati  Manggarai Barat,Edistasius Endi memastikan penyuplaian air minum bersih ke masyarakat Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat tidak lagi menjadi kendala.

Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Wae Mbeliling diminta memenuhi kebutuhan air minum bersih untuk masyarakat, hotel dan restoran.

Ia mengatakan, proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II telah diresmikan Presiden Joko Widodo. Kapasitas air SPAM Wae Mese II mencapai 2×50 Liter/detik dan dipastikan dapat memenuhi kebutuhan air minum bersih untuk seluruh wilayah kota Labuan Bajo.

Pemeintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum membangun proyek Instalasi Pengolahan Air Wae Mese II di Desa Watu Nggelek,Kecamatan Komodo,Kabupaten Manggarai Barat. Proyek air minum bersih itu dibangun untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih di destinasi super premium Labuan Bajo.

"Saya minta Perumda Air Minum Wae Mbeliling pastikan penyuplaian air minum bersih untuk masyarakat di Labuan Bajo sudah aman.Dengan beroperasinya SPAM Air Wae Mese, kebutuhan air bersih harus terpenuhi," tegas Edi Endi, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Komodo Di Nanga Bere Makan Binatang Peliharaan Warga

Edi Endi memastikan, layanan dan pasokan air bersih untuk masyarakat Labuan Bajo tidak lagi menjadi kendala. Ia mendorong Perumda Air Minum Wae Mbeliling menjaga dan memastikan distribusi air bersih bagi masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya.

Menurut dia, kebutuhan air bersih untuk warga Kota Labuan Bajo wajib terpenuhi. Dirinya meyakini, pasca diresminkan proyek tersebut rampung, stok airnya dapat mencapai hingga tahun 2040 sehingga kegelisahan masyarakat Labuan Bajo soal air bersih dapat diatasi.

Ketua DPD NasDem Manggarai Barat itu juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR atas terselenggaranya proyek Instalasi Pengolahan Air Wae Mese II.
Berkaitan persoalan teknis dan non teknis di lapangan, itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah Manggarai Barat.

Ia mendorong, Perumda Air Minum Wae Mbeliling untuk segera memastikan pelayanan air bersih di Labuan Bajo tidak ada masalah. Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas tidak diperbolehkan mengalami masalah air minum bersih.

Baca Juga: Warga Pulau Komodo Bertahan Dengan Menjual Asam

Sementara,Direktur Perumda Air Minum Wae Mbeliling,Aurelius Endo menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang meresmikan proyek Instalasi Pengolahan Air Wae Mes. SPAM Wae Mese tersebut dipastikan penyuplaian air minum bersih ke masyarakat Labuan Bajo akan terpenuhi.

Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas tidak diperbolehkan mengalami krisis air minum bersih lagi. Dirinya memastikan, suplai air bersih ke hotel, restoran dan pemukiman warga di Labuan Bajo akan terpenuhi.

Ia berjanji, Perumda Air Minum Wae Mbeliling memberikan kepastian mengenai suplai air bersih ke hotel,restoran dan pemukiman warga di Labuan Bajo.

"Pada intinya kami menyediakan air bersih dan sudah menjadi kegiatan rutin kami dalam kondisi apa pun, kami harus siap menjamin kepastian masyarakat mendapatkan air, terutama daerah-daerah yang sudah kami layani," ungkap Aurel Endo.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB

Pemerintah Kecamatan Kuwus Dampingi Penyaluran Dana PKH

Jumat, 30 September 2022 | 16:49 WIB
X