Tim Terpadu Pantau Pasar dan TPI Labuan Bajo

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:16 WIB
Tim terpadu sedang mengecek kondisi ikan di TPI Kampung Ujung Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)
Tim terpadu sedang mengecek kondisi ikan di TPI Kampung Ujung Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Tim Terpadu Kemanan Pangan Kabupaten Manggarai Barat melakukan sidak keamanan pangan segar di Pasar dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Labuan Bajo, Ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (7/8/2022) pagi.

Tim terpadu ini beranggotakan Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan Holtikultur dan Perkebunan, dan Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat. Sidak dilaksanakan selama dua harin kedepan.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menjelaskan, sidak kemanan pangan di sejumlah pasar rakyat di Labuan Bajo mutlak dilakukan. Pemerintah harus memastikan bahwa pangan segar yang dijual baik di tempat pelelangan ikan maupun pasar-pasar, bebas dari penggunaan residu pestisida dan formalin.

Baca Juga: Warga Desa Nggilat Nikmati Jalan Buruk

“Sidak ini kegiatan rutin melalui Tim Terpadu Keamanan Pangan yang beranggotakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis rutin dilakukan setiap bulan,” ujarnya.

Menurut Edi Endi, sidak fokus pada keamanan pangan segar yang berpotensi mengandung residu pestisida dan formalin.Hal itu bertujuan agar penjual ikan memastikan ikan yang dijual adalah ikan-ikan segar tanpa mengunakan pengawet.

"Jangan sampai ada penjual yang nakal dan tidak jujur, demi mencari keuntungan menghalalkan segala cara,"tuturnya.

Ia mengatakan, sebagai langkah antisipatif, adanya pedagang yang nakal maka sangat penting untuk melakukan pengecekan secara rutin seluruh barang yang dijual di Pasar yang berada di Labuan Bajo. Labuan Bajo sebagai kota tujuan wisata internasional harus benar-benar menyediakan makanan yang segar.

"Kita harus jaga daerah pariwisata ini dengan baik sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,”ujarnya.

Baca Juga: Pembabatan Hutan Lindung Dikeluhkan Warga

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan selaku Koordinator Sidak, Agustinus Jebau menjelaskan, sidak pada hari pertama dilaksanakan di Pasar Baru Desa Gorontalo, Pasar Batu Cermin dan Tempat Pelelangan Ikan baru di Kampung Ujung Kelurahan Labuan Bajo. Tim Terpadu sudah turun ke lokasi sesuai instruksi Bupati Manggarai Barat.

Ia mengatakan, rutin melakukan pemantauan  kualitas pangan yang ada di pasar tradisional dan modern. Untuk itu pihak melibatkan organisasi perangkat daerah lain terkait yang tergabung dalam tim terpadu.

Kegiatan ini untuk memastikan pangan yang ada di pasar-pasar tradisional dan modern agar aman dikomsumsi oleh masyarakat dan bebas dari kandungan bahan-bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan pestisida.

"Kita ingin menjamin keamanan pangan bebas dari residu pestisida dan Formalin, baik ikan maupun sayur dan buah-buahan agar masyarakat yang mengonsumsi aman dari zat-zat berbahaya," jelas Agustinus.

Baca Juga: DPKH Manggarai Barat Temukan Mini Market Tanpa Surat Izin Edar Daging

Agustinus memaparkan, sampel ikan, buah-buahan dan sayur-sayuran akan diambil oleh Tim Terpadu Kemanan Pangan untuk diteliti dan diuji di laboratorium. 

"Apabila hasil uji laboatorium ternyata Ikan mengandung Formalin, dan sayur-sayuran juga buah-buahan mengandung residu pestisida di atas ambang normal, Tim Terpadu akan memberikan tindakan tegas kepada pedagang bersangkutan termasuk mengusir pedagangatau penjual tersebut dari Labuan Bajo," kata Agustinus.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB
X