DPRD Dorong Pemkab Manggarai Barat Kembangkan Tamanan Hortikultura

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 18:16 WIB
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar saat melaksanakan reses di salah Kampung Daleng Desa Persiapan Watu Wohe, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar saat melaksanakan reses di salah Kampung Daleng Desa Persiapan Watu Wohe, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat mendorong
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat untuk lebih gencar mengembangkan tanaman  hortikultura di sejumlah kecamatan.

Lahan yang ada di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Boleng,Mbeliling,Macang Pacar,Kuwus dan Kecamatan Ndoso sangat cocok untuk mengembangkan tanaman hortikultura.

Selain itu,perkembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo,Kabupaten Manggarai Barat tidak diimbangi dengan pengembangan sektor pertanian. Sehingga pasokan sayur untuk restoran,hotel-hotel dan untuk kebutuhan rumah tangga didatangkan dari luar daerah Manggarai Barat.

Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar, Sabtu (6/8/2022) mengatakan, beberapa lokasi jalur selatan Labuan Bajo dan sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Manggarai Barat sangat bagus untuk dijadikan sebagai basis pengembangan tanaman-tanaman hortikultura.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Dukung Pembangunan Daerah

Sangat menyedihkan ketika pertumbuhan pariwisata sangat bagus namun tidak didukung oleh sektor lainnya seperti pertanian.

Ia mengatakan, seharusnya pertumbuhan pariwisata harus dirasakan oleh seluruh  petani, bukan hanya  dinikmati oleh pelaku pariwisata seperti pemilik kapal pesiar, hotel dan pemilik restoran. Para petani harus terus diberi pelatihan dan dibimbing untuk mengembangan usaha pertanian berupa tanaman hortikultura.

Pemkab Manggarai Barat harus memperbanyakan  kegiatan-kegiatan pola tanam dan pemeliharaan jenis komuditas tanaman hultikultura  yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Marthen Mitar meminta, para petani untuk memanfaatkan lahan pertanian yang ada dimasing-masing desa.Para petani harus memiliki konsep pertanian yang jelas, mulai dari persiapan pembenihan, produksi hingga aspek pemasarannya. Sektor pariwisata pasar besar bagi petani yang serius mengembangan tanaman pertanian.

Anggota DPRD Manggarai Barat, Vitus Usu mengatakan, selama ini tanaman pertanian milik petani belum maksimal dikembangkan karena disebabkan para petani belum paham pengelolahan tanaman hortikultura. Pemkab Manggarai Barat saat ini memiliki penyuluh pertanian yang bertugas disejumlah desa.

Baca Juga: BPOLBF Gunakan Aplikasi GIS Permudah Informasi DPSP

Selain itu,selama ini juga para petani di Manggarai Barat menganggap usaha tanaman hultikultura adalah pekerjan cadangan. Masyarakat masih serius menguruh sektor lain karena tidak paham mengelolah pasar untuk tanaman hultikultura. Padahal,Labuan Bajo adalah pasar yang sangat bagus untuk tanaman hultikultura.

"Pemkab Manggarai Barat harus terus galahkan pengembangan tanaman hultikultura. Pasar sudah jelas untuk tanaman hultikultura. Selama ini kebutuhan sayur dan buah di Labuan Bajo didatangkan dari luar Mabar,"kata Vitus Usu.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kegiatan Pertanian Harus Mengangkat Kearifan Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Produksi Sampah Menurun Dratis

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:07 WIB

Masyarakat Labuan Bajo Didorong Kreatif dan Inovatif

Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:40 WIB

Kapal Padar Indah Terancam Mubazir

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:42 WIB

Tim Terpadu Pantau Pasar dan TPI Labuan Bajo

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:16 WIB

Warga Desa Nggilat Nikmati Jalan Buruk

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:55 WIB

Pembabatan Hutan Lindung Dikeluhkan Warga

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:06 WIB

Kapal Wisata Liar Beroperasi di Labuan Bajo

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:59 WIB

Masyarakat Diminta Dukung Pembangunan Daerah

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:31 WIB

Pembangunan Rumah Swadaya Hampir Rampung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:49 WIB

Petani di Kecamatan Lembor Kesulitan Pupuk NPK

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:59 WIB

Sampah Menumpuk di Pasar Rakyat Batu Cermin

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:49 WIB

Petani Kesulitan Pupuk, Tunda Masa Tanam

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:55 WIB
X