Pembangunan Rumah Swadaya Hampir Rampung

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:49 WIB
Kepala Bidang (Kabid) Perumahan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Manggarai Barat,Thomas A. Sudirman. (victorynews.id/SATRIA)
Kepala Bidang (Kabid) Perumahan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Manggarai Barat,Thomas A. Sudirman. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pembangunan 237 unit rumah swadaya di Kabupaten Manggarai  Barat pada 2022 ini hampir rampung. Diharapkan agar hingga akhir tahun 2022 nanti sudah selesai, karena fisik seluruhnya sudah hampir tuntas.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perumahan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Manggarai Barat,Thomas A. Sudirman, Kamis (4/8/2022) terkait realisasi pembangunan rumah bantuan untuk warga Manggarai Barat pada 2022.

Thomas Sudirman menjelaskan, pembangunan 237 unit rumah swadaya tersebut berasal dari 2 sumber biaya. Sebanyak 160 unit bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 77 unit berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU).Pengerjaan ratusan rumah swadaya itu merata di 12 kecamatan di wilayah  Manggarai Barat.

Tercatat progres pembangunan rumah swadaya yang dilaksanakan di seluruh wilayah Manggarai Barat telah mencapai 86,17 persen.Pembangunan rumah swadaya mendorong semangat bergotong royong untuk membangun rumah yang layak huni. Masyarakat membentuk kelompok terdiri dari 20 orang jadi yang saling membantu dan bergotong royong membangun rumah,"jelasnya.

Baca Juga: Kemkominfo Komitmen Perkuat Infrastruktur TIK di Labuan Bajo

Ia merincikan, rumah Swadaya sejumlah 77 unit yang dibangun dengan DAU itu, 16 unit terdapat di Desa Macang Tanggar Kecamatan Komodo, 11 unit di Desa Ngancar Kecamatan Lembor, 5 unit di Desa Cunca Wulang Kecamatan Mbeliling, 8 unit di Desa Pota Wangka Kecamatan Boleng, 5 unit di Desa Rokap Kecamatan Macang Pacar, 9 unit di Desa Romang Kecamatan Pacar, dan 6 unit di Desa Compang Kolang Kecamatan Kuwus Barat, 11 unit di Desa Compang Kulas 11, serta 6 unit di Desa Golo Lewe.

Sedangkan 160 unit rumah yang dibangun dengan DAU,  terdapat di Desa Coal dan Desa Suka Kiong Kecamatan Kuwus masing-masing 25 unit. Di Kecamatan Ndoso tersebar di Desa Tehong 15 unit, Desa Golo Poleng dan Desa Waning masing-masing 25 unit. Di Kecamatan Macang Pacar yakni di Desa Mbakung 25unit dan di Desa Nanga Kantor Barat 20 unit," jelas Thomas Sudirman.

Thomas Sudirman mengaku, selain membangun rumah swadaya, DPRKP2 Manggarai Barat juga pada 2020 ini membangun 10 unit rumah bantuan bencana di Culu, Desa Tondong Belang,  Kecamatan Mbeliling. Sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Kepala DPRKP2 Manggarai Barat, Solus Yohanes Rafael mengaku, pembangunan 237 rumah swadaya ini mendapat pengawasan yang serius dari pendamping. Sehingga kualitas dan mutu bangunan terus diperhatikan oleh pihak kontraktor.Dengan harapan rumah swadaya yang dibangun bertahan lama untuk dihuni oleh masyarakat di Manggarai Barat.

Ia mengatakan, bantuan pembangunan rumah swadaya yang menyasar rumah tidak layak huni di Manggarai Barat mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah desa.Masyarakat yang ada di desa juga terlibat aktif menyukseskan pembangunan rumah swadaya.

Solus Rafael juga mengingatkan, rumah yang telah dibangun dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh keluarga penerima bantuan dan rumah menjadi lebih sehat dalam menjalani kehidupan.

Pembangunan rumah swadaya di Manggarai Barat  tergolong cepat diselesaikan mengingat pelaksanaan pembangunan fisik baru dilaksanakan bulan Maret tahun 2022.

Baca Juga: Petani di Kecamatan Lembor Kesulitan Pupuk NPK

Dirinya berharap semoga rumah swadaya ini dapat digunakan, dapat dinikmati oleh keluarga penerima bantuan rumah hibah sehingga dengan sendirinya rumah ini akan lebih sehat, dan dengan demikian kesejahteraan rumah tangga akan lebih meningkat.

“Kegiatan pembangunan rumah swadata ntuk masyarakat ini akan kami terus tingkatkan agar masyarakat di Manggarai Barat bisa tinggal di hunian yang layak huni.Kita berharap masyarakat menjaga baik rumah bantuan itu,"harap Solus Rafael.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Paroki Datak Galakan Progtam Paroki Lautan Jagung

Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:08 WIB

ASDP Ajak Masyarakat Labuan Bajo jaga Kebersihan 

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:56 WIB

Pempus Dukung Pengelolaan Sampah

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:13 WIB

Pelajar di Labuan Bajo Keluhkan Jaringan Internet

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:11 WIB

Komite Mbeliling Ajukan Draf Perbub Legalitas Kayu 

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Manggarai Barat Masih Butuh Perhatian Pemerintah Pusat

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:10 WIB

Kegiatan Pertanian Harus Mengangkat Kearifan Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Produksi Sampah Menurun Dratis

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:07 WIB

Masyarakat Labuan Bajo Didorong Kreatif dan Inovatif

Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:40 WIB

Kapal Padar Indah Terancam Mubazir

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:42 WIB

Tim Terpadu Pantau Pasar dan TPI Labuan Bajo

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X