Sampah Menumpuk di Pasar Rakyat Batu Cermin

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:49 WIB
Tumpukan sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin Labuan Bajo di Kabupapaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Tumpukan sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin Labuan Bajo di Kabupapaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Pemandangan di Pasar Rakyat Batu Cermin Labuan Bajo, Kabupaten  Manggarai Barat, kurang elok karena banyak tumpukan sampah.

Timbunan sampah berserakan di pasar tradisional hampir setiap lorong.Tumpukan sampah tersebut sudah terjadi sejak bulan Mei 2022. Namun hingga saat ini tidak diangkut petugas kebersihan.

Pantauan media ini, Rabu (3/8/2022), Sampah menumpuk di dekat los pedagang ikan. Sampah juga menumpuk di tempat pembuangan sampah yang berada di sudut belakang pasar. Bahkan, karena belum kembali diangkut, sampah meluap ke jalan dan menutup akses pembeli menuju kios-kios. Sampah yang ditaruh dalam kotak sampah itu sampai melebar dan dikerumuni lalat.

Pedagang Pasar Inpres Batu Cermin, Sita Laila mengaku, tumpukan sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin Sejak Mei hingga awal Agustuss 2022. Hingga saat ini, belum ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah di Pasar Batu Cermin.

Baca Juga: Petani Kesulitan Pupuk, Tunda Masa Tanam

Padahal sebelumya,setiap hari petugas kebersihan datang mengangkut sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin.

Ia mengaku, tumpukan sampah di Pasar Rakyat Batu Cermin sudah dikeluhkan warga sejak lama. Sebab selain karena menimbulkan bau yang tidak sedap, timbunan sampah juga banyak berserakan sehingga mengganggu kesehatan penghuni pasar dan kenyamanan pengunjung pasar Batu Cermin.

Dirinya khawatir tumpukan sampah  mengundang bermacam jenis penyakit.

Siti Laila mendesak, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Koperasi dan  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Manggarai Barat untuk segera mengangkut sampah sebelum banyak warga yang jatuh sakit akibat terserang penyakit.

Penghuni pasar Inpres Batu Cermin sangat tertangggu dengan adanya tumpukan sampah yang ada di bagian samping dan belakang pasar Batu Cermin. Akibatnya setiap warga yang melintas terpaksa menutup hidung karena bau sampah sangat menyengat.Serta pengunjung pasar engan datang membeli Sembako di Pasar Batu Cermin.

“Saya minta sampah-sampah ini segera diangkut, jangan sampai ada pedagang pasar yang terkena sakit.Kenapa kebersihan terutama sampah yang ada di pasar Batu Cermin dibiarkan berantakan.Jika sampah tidak diperhatikan saya pastikan warga Labuan Bajo tidak akan membeli sayur dan buah di Pasar Batu Cermin,” kata Siti Laila.

Baca Juga: Nelayan Keluhkan Ketiadaan BBM

Pedagang Pasar Rakyat Batu Cermin,Wilibrodus Ndau mengatakan, sampah yang menumpuk disebabkan belum adanya pengangkutan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Manggarai Barat.

Selama berapa bulan, sampah di dalam pasar belum pernah diangkut secara rutin oleh petugas kebersihan. Saat ditanyakan alasannya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan menjawab karena mobil sampah mengalami kerusakan.

Ia menuturkan, tiap hari pungutan uang kebersihan selalu diminta petugas pasar.Namun sampah masih tetap menumpuk.Keberadaan sampah sangat menganggu aktifitas pasar.Sehingga masyarakat engan mengunjungi pasar untuk membeli Sembako. 

Wili Ndau mengaku, tanpa alasan yang jelas petugas kebersihan dalam beberapa hari terakhir tidak mengangkut tumpukan sampah ini.Selain sampah yang menumpuk, Pasar Rakyat Batu Cermin juga terlihat kumuh karena pedagang berjualan dengan posisi yang tidak teratur.Pedagang berjualan di badan jalan dan tidak menyiapkan tempah sampah.

Baca Juga: Obat Bantuan Dinas TPHP Tidak Cukup

"Kami berharap pemerintah daerah memberikan perhatian khusus agar Pasar Rakyat Batu Cermin bisa ditata rapi dan nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat dan bebas dari sampah yang dapat menggangu kenyamanan dan kesehatan masyarakat,"harapnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Paroki Datak Galakan Progtam Paroki Lautan Jagung

Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:08 WIB

ASDP Ajak Masyarakat Labuan Bajo jaga Kebersihan 

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:56 WIB

Pempus Dukung Pengelolaan Sampah

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:13 WIB

Pelajar di Labuan Bajo Keluhkan Jaringan Internet

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:11 WIB

Komite Mbeliling Ajukan Draf Perbub Legalitas Kayu 

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Manggarai Barat Masih Butuh Perhatian Pemerintah Pusat

Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:10 WIB

Kegiatan Pertanian Harus Mengangkat Kearifan Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Produksi Sampah Menurun Dratis

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:07 WIB

Masyarakat Labuan Bajo Didorong Kreatif dan Inovatif

Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:40 WIB

Kapal Padar Indah Terancam Mubazir

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:42 WIB

Tim Terpadu Pantau Pasar dan TPI Labuan Bajo

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:16 WIB
X