DPRD Soroti Masalah Sampah di Labuan Bajo

- Selasa, 12 Juli 2022 | 15:28 WIB
Rapat Paripurna DPRD Manggarai Barat bersama Pemkab Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)
Rapat Paripurna DPRD Manggarai Barat bersama Pemkab Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat menyoroti sampah yang berserakan di sejumlah tempat di dalam kota Labuan Bajo, Ibukota Kabupaten Mabar.Pasalnya persoalan sampah di Labuan Bajo hingga saat ini belum tuntas.

 Anggota DPRD Manggarai Barat, Blasius Janu, Selasa (12/7/2022) mengatakan, sampah pada pingir pantai sepanjang Kampung Ujung dan area Pelabuhan Labuan Bajo sangat tumpuk setiap hari. 

Sampah tersebut berasal dari Kapal yang dibuang tidak pada tempatnya. Seharusnya pihak kapal wisata maupun kapal nelayan di Labuan Bajo harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan.

“Saya temukan berkali-kali di seputar Pelabuhan Labuan Bajo dimana kapal motor mengangkut sampah yang diduga sampah dari kapal wisata. Sampah yang diangkut dari kapal wisata tersebut dibuang disembarang tempat di pasar TPI Labuan Bajo,’’ ungkap Blasius.

Ia meminta, instansi yang mengurus sampah di Labuan Bajo agar serius menyelesaikan masalah sampah. Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat harus tindak tegas jika menemukan oknum atau kapal wisata yang membuang sampah sembarangan.

Labuan Bajo saat ini ramai dikunjungi wisatawan, sangat disayangkan jika sampah berserakan di area publik.

Baca Juga: Labuan Bajo Mulai Ditata

Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mengaku, dirinya sering  melihat tumpukan sampah yang berserahakan di bukit cinta,Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo.

Bukit cinta merupakan salah satu spot yang ramai dikunjungi oleh masyarakat selama ini untuk menikmati sunset.Pengunjung mulai tinggalkan tempat terindah menyaksikan sunset itu lantaran setiap harinya dipenuhi sampah.

“Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup sepertinya tidak mau mengurus sampah lagi.Sangat disayangkan, jika mereka tidak melihat sampah  berserakan di sejumlah titik di Labuan Bajo,” katanya.

Ia juga menyayangkan, ulah oknum di Labuan Bajo yang sengaja membuang sampah di sejumlah titik di Labuan Bajo. Menurutnya, ada unsur kesengajaan dari masyarakat membuang sampah di tempat itu.

Sehingga meminta pihak Satuan Pol PP untuk melakukan patroli setiap hari bahkan malam hari orang-orang yang sengaja membuang sampah di tempat umum , sebab di duga orang yang membuang sampah di sejumlah titik di Labuan Bajo sepertinya mengunakan kendaraan roda empat.

Baca Juga: Pelaku Pariwisata Siapkan Kapal Pengangkut Sampah

 Sebelumnya, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengaku, kesadaran masyarakat Labuan  Bajo untuk menjaga kebersihan baik dilingkungan rumah maupun di pasar masih sangat rendah.

Pemkab Manggarai Barat saat ini telah mulai genjot mengkampanyekan Labuan Bajo harus bebas dari masalah sampah. Sehingga dirinya sangat berharap keterlibatan seluruh elemen di Labuan Bajo untuk menjaga kebersihan dengan membuang sanpah pada tempat yang disediakan.

Ia mengaku, seluruh instansi Lingkup Sekertariat Daerah (Serda) saat ini diwajibkan mengumpulkan  sampah setiap hari. Sampah plastik dan sampah lainnya dipisahkan. 

Sampah Plastik dikumpulkan di kantor Bupati untut menyukseskan kegiatan kumpul sampah plastik yang digencarkan oleh Pemkab Manggarai Barat dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Kebutuhan Air Bersih untuk Tamu G20 Aman

“Seluruh instansi pemerintah sudah dihimbau agar menjaga kebersihan pada masing-masing kantor. Sampah Plastik harus dipisahkan dari sampah jenis lainnya. Kita mulai menjaga kebersihan dari intansi masing-masing,’’ ujar Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Kawal Dana Desa

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:05 WIB

Kolo Ted'du  Alat Masak Tradisional Dari Bambu

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:52 WIB

Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:12 WIB

Desa Wisata Butuh Koneksi Internet

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:28 WIB

Pemkab Manggarai Timur Bersih- Bersih THL

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:21 WIB

‎Edi Endi: Kepala Desa Baru Jangan Korupsi

Rabu, 30 November 2022 | 18:09 WIB

Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Selasa, 29 November 2022 | 17:43 WIB

Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

Selasa, 29 November 2022 | 17:22 WIB

692 Orang Melamar jadi PPK di Kabupaten Manggarai

Selasa, 29 November 2022 | 09:59 WIB
X