Pemdes Liang Ndara Dorong Masyarakat Hindari Konflik Sosial

- Jumat, 8 Juli 2022 | 10:26 WIB
Dialog Tematik Forum Keserasian Sosial Desa Liang Ndara di aula Kantor desa (victorynews.id/SATRIA)
Dialog Tematik Forum Keserasian Sosial Desa Liang Ndara di aula Kantor desa (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Desa (Pemdes) Liang Ndara,Kecamatan Mbeliling,Kabupaten Manggarai Barat mendorong masyarakat untuk menghindari konflik sosial.Pasalnya konflik sosial akan menyebabkan terjadinya perpecahan antara kelompok masyarakat.

Kepala Desa Liang Ndara dalam acara kegiatan Dialog Tematik Forum Keserasian Sosial (FKS) ,Karolus Vitalis Ikun, Jumat (8/7/2022) di Aula Kantor Desa Liang Ndara menyampaikan, Desa Liang Ndara telah ditetapkan sebagai desa wisata. Desa Liang Ndara merupakan tempat pertunjukan atraksi budaya manggarai dan rata-rata setiap hari belasan wisatawan mengunjungi Desa Liang Ndara.

Masyarakat dapat mengembangkan FKS menjadi tempat tujuan wisata di desa.Keserasian sosial ini jika terus dipupuk bisa menjadi tempat tujuan wisata aman, nyaman karena dengan sistem ini desa bisa cepat membangun.

Kesenian atraksi budaya yang dipertunjukan oleh sanggar budaya yang dimiliki oleh masyarajat di Desa Liang Ndara dapat berkembang. Hal itu dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Desa Wisata Liang Ndara.

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Diminta Komit Cegah Stunting

"Selama ini Pemdes Liang Ndara dan kelompok masyarakat bersinergitas untuk mendukung program pemerintah dalam berbagai pembangunan di desa.Kami yakin dengan adanya forum keserasian sosial  di Desa Liang Ndara,maka masyarakat lebih sinergis dan salah satunya menghindari konflik sosial di masyarakat,"papar Karolus Ikun.

Karolus Ikun menyampaikan, Desa Liang Ndara merupakan desa yang berbatasan langsung dengan hutan lindung Mbeliling.Desa Liang Ndara memiliki potensi sektor pertanian lebih khusus sektor perkebunan.Mata pencaharian masyarakat adalah petani.Selain itu sebagian masyarakat bergerak dibidang pariwisata.

Ia berharap, melalui program Keserasian Sosial di Desa Liang Ndara ini masyarakat harus terhindar dari konflik sosial.Keserasian Sosial adalah kondisi sosial yang menjamin terciptanya hubungan dan interaksi sosial antar warga masyarakat yang dinamis, selaras dan seimbang untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan.

Ia juga menginginkan, FKS Desa Liang Ndara mampu mendorong masyarakat diajak untuk berkerjasama atau gotong royong satu sama lain meski mempunyai latar belakang yang berbeda.Hingga saat ini Desa Liang Ndara belum terjadi konflik sosial yang menyebabkan terjadinya perpecahan.

Baca Juga: Pengiriman Sapi dan Kerbau dari Manggarai Barat ke Sulawesi Selatan Tetap Meningkat

Kepala Seksi  Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial,Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat,
Regina Y.K Jalu menjelaskan, Kemensos membentuk forum keserasian sosial dan Kearifan Lokal (KL) untuk mencegah konflik sosial di masyarakat. FKS merupakan solusi untuk menditeksi konflik sosial karena masyarakat dapat mengenal secara personal satu sama lain secara personal di desa.

"Sikap gotong royong di desa harus terus dipertahankan.Hindari konflik sosial yang menyebabkan terjadinya perpecahan," Kata Regina Jalu.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Kawal Dana Desa

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:05 WIB

Kolo Ted'du  Alat Masak Tradisional Dari Bambu

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:52 WIB

Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:12 WIB

Desa Wisata Butuh Koneksi Internet

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:28 WIB

Pemkab Manggarai Timur Bersih- Bersih THL

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:21 WIB

‎Edi Endi: Kepala Desa Baru Jangan Korupsi

Rabu, 30 November 2022 | 18:09 WIB

Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Selasa, 29 November 2022 | 17:43 WIB

Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

Selasa, 29 November 2022 | 17:22 WIB

692 Orang Melamar jadi PPK di Kabupaten Manggarai

Selasa, 29 November 2022 | 09:59 WIB
X