Petani Diminta Tanam Padi Secara Serempak

- Rabu, 25 Mei 2022 | 13:22 WIB
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Barat, Laurensius Halu (victorynews.id/SATRIA)
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Barat, Laurensius Halu (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat mendorong petani di wilayah itu untuk menanam padi pola tanam secara serentak.Hal itu bertujuan untuk menekan serangan hama pada tanaman padi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Barat,Laurensius Halu, Rabu (25/5/2022) menyarankan kepada petani melakukan tanam serempak untuk menghindari serangan hama padi.Serta keuntungan padi">tanam padi secara serempak atau secara bersama-sama adalah produksi padi tetap stabil dan meningkat.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus mendorong masyarakat petani di wilayah Manggarai Barat agar terus mempertahankan pola tanam serentak.

Melalui pola tanam serentak serangan hama terhadap tanaman padi dapat diminimalisir. Di Kecamatan Lembor pola tanam serentak selama ini dilakukan tiga kali dalam satu tahun pada 872 hektare lahan sawah.

Baca Juga: Asita Dukung Pengembangan Wisata di Manggarai Barat

Ia mengaku, masih banyak hamparan sawah di kabupaten Manggarai Barat yang belum menaman padi.Diharapkan bagi para petani padi di Kabupaten Manggarai Barat untuk segera melakukan penanaman padi.

Jika saat ini belum menabur bibit untuk segera menaburnya dan melakukan penanaman padi agar penanaman di setiap hamparan sawah bisa dilakukan secara serentak.

Laurensius Halu menyampaikan, melalui sejumlah tenaga penyuluh terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani dengan terus mendampingi petani di seluruh desa di Manggarai Barat.Selama ini rata-rata petani tetap memanfaatkan lahan sawahnya unuk menanam padi.Serta tidak mengalami kendala terkait aliran air menuju sawah.

Ia mengaku, untuk berapa bulan kedepan petani di Kecamatan Lembor mengalami kekurangan air sawah.Hal itu disebabkan saluran air sawah di Kecamatan Lembor sedang diperbaiki.

Baca Juga: Tanaman Porang Jadi Jaminan Kesejahteraan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Kawal Dana Desa

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:05 WIB

Kolo Ted'du  Alat Masak Tradisional Dari Bambu

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:52 WIB

Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:12 WIB

Desa Wisata Butuh Koneksi Internet

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:28 WIB

Pemkab Manggarai Timur Bersih- Bersih THL

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:21 WIB

‎Edi Endi: Kepala Desa Baru Jangan Korupsi

Rabu, 30 November 2022 | 18:09 WIB

Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Selasa, 29 November 2022 | 17:43 WIB

Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

Selasa, 29 November 2022 | 17:22 WIB

692 Orang Melamar jadi PPK di Kabupaten Manggarai

Selasa, 29 November 2022 | 09:59 WIB
X