Syabandar Labuan Bajo Diminta Perketat Pengawasan Bongkar Muat Barang

- Selasa, 10 Mei 2022 | 10:17 WIB
Pelabuan Pelni Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)
Pelabuan Pelni Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (Alfi) Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta Syabandar Labuan Bajo memperketat pengawasan aktivitas bongkar muat barang di Pelabuan Pelni Labuan Bajo.

Selama ini, Alfi NTT menemukan beberapa persoalan di pelabuhan Labuan Bajo yaitu kurangnya pengawasan terhadap aktifitas bongkar muat barang, banyak kendaraan milik perusahan swasta yang keluar masuk pelabuhan tanpa memiliki izin resmi dan buruh pelabuhan yang tidak di perhatikan secara serius.

"Perlunya pantau secara terus menerus aktivitas apa saja dipelabuhan Labuan Bajo termasuk izin kapal yang bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo," kata Charles Angliwarman, Ketua DPW Alfi NTT, Selasa (10/5/2022) siang.

Baca Juga: Dorong Produksi Kedelai,Julie Sutrisno Lakukan Gerakan Tanam Perdana di Macang Pacar

Ia meminta otoritas pelabuhan Labuan Bajo seperti Syabandar untuk selalu berkordinasi dengan sejumlah pihak melakukan pengawasan yang ketat terhadap segala aktivitas apa saja di pelabuhan Labuan Bajo. Pentingnya pengawasan agar barang yang datang di Labuan Bajo terpantau atau tidak ditemukan barang-barang  terlarang‎ beredar di Labuan Bajo.

Charles Angliwarman mengatakan, DPW Alfi NTT selama ini menemukan beberapa kapal yang bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo yang tidak memiliki izin resmi.

Kapal tersebut juga dalam melakukan bongkar muat tidak diawasi secara ketat.Begitu juga dengan kendaraan yang keluar masuk pelabuhan tidak mengantongi surat izin.

Padahal sesuai aturan perundang-undangan aktivitas apa saja di pelabuhan harus diawasi secara ketat,baik oleh kepolisian maupun pengawasan oleh Alfi sendiri. 

Ia berharap agar dalam melakukan perencanaan pembangunan pihak Syabandar Labuan Bajo Harus berkoordinasi dengan semua pihak seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat, Tokoh masyarakat dan Pos Angkatan Laut,sehingga semua barang yang masuk terpantau.

Baca Juga: Kecamatan Macang Pacar Kesulitan Listrik dab Sinyal HP

"Jika kita tidak melakukan pengawasan yang ketat di Pelabuhan Labuan Bajo,maka kita tidak mengetahui barang apa saja yang masuk di Labuan Bajo.Perlu ada kerjasama dalam melakukan pengawasan bongkar muat barang di pelabuhan Labuan Bajo," harap Charles Angliwarman.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pulau Mesah Krisis Air Bersih

Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:24 WIB

Penyalagunaan IMB Mesti Ditindak Tegas

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:22 WIB

Jaksa Tahan 4 Pegawai BPN Manggarai Barat.

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:39 WIB

Warga Siru Terima Bantuan 30 Ekor Kambing 

Kamis, 23 Juni 2022 | 14:30 WIB

Petani di Kecamatan Lembor Kesulitan Pupuk NPK

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:06 WIB

Camat Diminta Dukung Program KB

Selasa, 21 Juni 2022 | 09:50 WIB

Petani di Manggarai Barat Mulai Kesulitan Pupuk

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:46 WIB
X