Dorong Produksi Kedelai,Julie Sutrisno Lakukan Gerakan Tanam Perdana di Macang Pacar

- Minggu, 8 Mei 2022 | 19:16 WIB
Anggota DPR RI Komisi IV, Julie Sutrisno Laiskodat saat bertemu kelompok tani di Kecamatan Macang Pacar (victorynews.id/SATRIA)
Anggota DPR RI Komisi IV, Julie Sutrisno Laiskodat saat bertemu kelompok tani di Kecamatan Macang Pacar (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Anggota Komisi IV DPR-RI, Julie Sutrisno Laiskodat bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Barat, Laurensius Halu melakukan tanam perdana kedelai di Desa Lewat, Kecamatan Macang Pacar, Minggu (8/5/2022) siang.

Gerakan tanam kedelai ini dilakukan dalam lahan 150 hektar di wilayah Desa Lewat.

Gerakan tanam kedelai perdana itu dilakukan bertujuan memotivasi dan membangkitkan semangat petani bertanam kedelai, menanam dan meningkatkan produksi kedelai guna mengurangi impor dan meningkatkan mutu hasil.

Pasalnya, kebutuhan kedelai saat ini terus meningkat seiring meningkatnya kebutuhan akan sumber protein yang murah terutama bahan baku tempe.

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Jamin Labuan Bajo Akan Tetap Bersih Jelang G20

Julie Sutrisno menyampaikan, pengembangan kedelai harus terus didorong mengingat produksi dalam negeri dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Untuk itu diperlukan langkah langkah operasional yang tepat agar kedelai dapat bekembang dengan baik di Kecamatan Macang Pacar.

Ia mendorong petani di Desa Lewat untuk serius dan tekun mengembangkan sektor pertanian.
Membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak khususnya para petani untuk mendukung peningkatan luas tanam tanaman kedelai di wilayah Manggarai Barat.

"Tanah di Manggarai Barat sangat subur,petani tidak boleh menjadi penonton. Saya menginginkan, sayur dan buah-buahan di hotel-hotel yang ada di Labuan Bajo dari tangan petani lokal,"tutur Julie Sutrisno.

Ia mengaku bangga dengan semangat petani kedelai di Kecamatan Macang Pacar. Oleh karena itu, dirinya mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat terus mengawal agar produksi kedelai tercukupi melalui program-program pemerintah pusat maupun daerah.

Julie Sutrisno mengatakan, bahwa program pengembangan kedelai terus digalakkan di seluruh Indonesia baik produksi untuk benih maupun konsumsi.

“Kita harus mandiri, ke depan jangan lagi bergantung dari negara lain. Karena kedelai ini tanaman hebat, justru dengan menanam kedelai bisa menyuburkan tanah dan mengikat Nitrogen di udara bebas,” tekannya.

Baca Juga: Dorong Tumbuh Kembang Ekonomi Kreatif Warga Manggarai Barat

Ia meminta, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan agar proaktif, intensif dan sabar dalam mendampingi para petani.

"Bimbing petani-petani kita, berikan pemahaman yang baik kenapa harus menggunakan teknik atau sarana ini itu, supaya petani benar-benar paham bahwa tujuan utama bukan sekadar meningkatkan produksi, melainkan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani," ujarnya.

Ia berharap peran serta aktif pemerintah daerah Manggarai Barat memberi perhatian khusus pada upaya pengembangan komoditi kedelai untuk dapat terus berkontribusi terhadap pencapaian produksi kedelai pada tahun 2022, dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani di Kecamatan Macang Pacar.

Camat Macang Pacar, Doroteus Ugan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Anggota DPR RI,Julie Sutrisno yang hadir ditengah masyarakat dan petani untuk mengembangkan potensi pangan di Kecamatan Macang Pacar.

Baca Juga: Petani Didorong Kembangakan Tanaman Holtikultura

Pertumbuhan tanaman kedelai di Kecamatan Macang Pacar saat ini cukup memuaskan sehingga perkirakan produktivitasnya tinggi.

Ia mengaku, hasil dari tanaman kedelai di Kecamatan Macang Pacar sampai selama ini cukup menguntungkan, hasil panen biasanya dijual ke Labuan Bajo.

"Kami berharap,desa lainnya di Kecamatan Macang Pacar mendapat program pengembangan tanaman kedelai. Kecamatan Macang Pacar sangat cocok untuk tanaman kedelai,"katanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kegiatan Pertanian Harus Mengangkat Kearifan Lokal

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Produksi Sampah Menurun Dratis

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:07 WIB

Masyarakat Labuan Bajo Didorong Kreatif dan Inovatif

Minggu, 7 Agustus 2022 | 11:40 WIB

Kapal Padar Indah Terancam Mubazir

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:42 WIB

Tim Terpadu Pantau Pasar dan TPI Labuan Bajo

Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:16 WIB

Warga Desa Nggilat Nikmati Jalan Buruk

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:55 WIB

Pembabatan Hutan Lindung Dikeluhkan Warga

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:06 WIB

Kapal Wisata Liar Beroperasi di Labuan Bajo

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:59 WIB

Masyarakat Diminta Dukung Pembangunan Daerah

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 17:31 WIB

Pembangunan Rumah Swadaya Hampir Rampung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:49 WIB

Petani di Kecamatan Lembor Kesulitan Pupuk NPK

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:59 WIB

Sampah Menumpuk di Pasar Rakyat Batu Cermin

Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:49 WIB

Petani Kesulitan Pupuk, Tunda Masa Tanam

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:55 WIB
X