Disnakertrans Cetak SDM Siap Kerja Di Bidang Otomotif dan Service AC

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 16:53 WIB
Peserta pelatihan otomotif dan Service AC saat mengikuti pelatihan di BLK (victorynews.id/SATRIA)
Peserta pelatihan otomotif dan Service AC saat mengikuti pelatihan di BLK (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap kerja,Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Manggarai Barat memberikan pelatihan otomotif dan service Air Conditioner (AC)  kepada puluhan pemuda yang berasal dari 12 kecamatan di Manggarai Barat.

Sekertaris Disnakertrans Kabupaten Manggarai Barat,Marselinus Sani Ngarung, Selasa (30/8/2022) menjelaskan, Disnakertrans Manggarai Barat  melaksanakan Program Peningkatan Produktifitas Tenaga Kerja dengan memberi pelatihan otomotif dan service AC kepada 90 pemuda diwilayah Manggarai  Barat.

Pelatihan itu bertujuan menciptkanan keterampilan kepada pemuda bidang otomotif dan Service AC agar diserap didunia kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Ia menjelaskan, pelatihan selama Satu Bulan ini bisa dimanfaatkan anak muda untuk membuka peluang bisnis secara mandiri. Mengingat ketatnya persaingan kerja yang saat ini dilakukan oleh berbagai macam instansi swasta.

Ia mengaku, para peserta yang mengikuti pelatihan otomotif dan service AC rata-rata mengawali dari nol, belum ada yang berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Baca Juga: Aktifitas Pertambangan PT.Menara Armada Pratama Belum Kantongi Izin Lingkungan

Para instruktur optimis selama 30 kali pertemuan para peserta paham dan siap kerja.Para peserta diajarkan mulai dari pengenalan alat, cara membongkar, memasang, hingga nantinya menguasai perbaikan kerusakan mesin sepeda motor.

Marsel Ngarung menjelaskan, pelatihan otomotif dan service AC diselenggarakan untuk muda-mudi yang memiliki kreativitas dan ingin mengembangkan usaha. Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Manggarai Barat terus berupaya mengasah kompetensi tenaga kerja agar mampu bersaing di dunia kerja.

Setelah mendapatkan pelatihan keterampilan bidang otomotif, orang muda masih butuh bantuan permodalan.Pihaknya hanya dapat membantu peralatan dan fasilitas untuk membuka usaha bengkel motor.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan bisa membuka peluang untuk para pemuda  Manggarai  Barat kedepannya membuka usaha dibidang otomotif dan service AC,"jelas Marsel Ngarung.

Baca Juga: BUMDes di Kabupaten Manggarai Barat Diminta Kreatif Cari Peluang Usaha

Marsel Ngarung menyampaikan, saat ini Disnakertrans Manggarai Barat berupaya memberikan skill khusus agar masyarakat usia bekerja bisa diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lebih khusus bidang otomotif.Balai Latihan Kerja (BLK) Komodo harus mampu mencetak tenaga kerja yang siap masuk ke pasar kerja.

"Melalui pelatihan ini, Disnakertrans siap menciptakan SDM yang berkualitas bagi anak-anak di Manggarai Barat untuk kerja di bidang otomotif dan service AC.Yang lebih penting lagi,anak muda mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,"harapnya.

Kepala Bidang Penempatan Tenagakerja dan Perselisian Hubungan Industri Disnakertrans, Markus Mangut menyampaikan, pihaknya memberikan pelatihan kepada  90 pemuda selama 1 bulan lamanya di BLK Komodo.90 pemuda itu dibagi dalam Tiga gelombang dengan berakhir pada Ujian Kompetesi.

Pelatihan otomotif dan Service AC ini cukup penting diadakan. Mengingat kendaraan merupakan keburuhan tersier yang kini beralih menjadi kebutuhan primer. Dimana setiap rumah pasti memiliki kendaraan dan AC. Hal tersebut harusnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat usia kerja.

Baca Juga: Edi Endi Ajak Masyarakat Bangun Desa Garap Pertanian

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, peserta tidak lagi pusing untuk mencari kerja. Karena sudah siap membuka lapangan kerja sendiri. Minimal untuk dirinya sendiri. Kalau komitmen pasti akan lebih besar lagi kemungkinan membuka lapangan kerja untuk orang lain,” kata Markus Mangkut.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kasus KDRT Terbanyak Diselesaikan Rumah Perlindungan

Selasa, 13 September 2022 | 16:48 WIB

Anak Muda Labuan Bajo Pungut Sampah

Jumat, 2 September 2022 | 12:08 WIB

BTNK bersama Warga Pungut Sampah

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:42 WIB

Anak Muda di Labuan Bajo Bersih Sampah

Jumat, 8 Juli 2022 | 12:31 WIB
X