Keuskupan Ruteng Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD Ben Mboi

- Senin, 22 Agustus 2022 | 16:38 WIB
Masyarakat Manggarai saat mengikuti Operasi Katarak gratis di RSUD Dokter Ben Mboi Ruteng (victorynews.id/SATRIA)
Masyarakat Manggarai saat mengikuti Operasi Katarak gratis di RSUD Dokter Ben Mboi Ruteng (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Keuskupan Ruteng bekerja sama dengan John Fawcett Foundation, lembaga yang bergerak di bidang operasi katarak mengelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ben Mboi Ruteng, Kabupaten Manggarai, Senin (22/8/2022)

Operasi yang berlangung hingga 26 Agustus 2022 mendatang itu menargetkan 500 pasien.

Selain operasi katarak, Keuskupan Ruteng juga mengadakan pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis yang berlangsung di Aula Assumpta Katedral Ruteng.

Turut berpartisipasi dalam misi kemanusiaan ini, dua lembaga sosial, yakni Komunitas Cinta Kasih (KCK) Denpasar dan Komunitas Lux Mundi (KLM) Ruteng.

Animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Sosial itu sangatlah tinggi.

Baca Juga: BUMDes Mekar Jaya Fokus Kembangkan Unit Usaha

Penderita katarak dan mata berdatangan dari seluruh wilayah tiga Kabupaten di Manggarai Raya. Bukan hanya umat katolik yang datang, tetapi juga umat muslim dari Pota dan Nanga Lili turut memanfaatkan kesempatan berharga ini.

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar, mengucapkan terima kasih berlimpah kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ini.

“Gereja Keuskupan Ruteng terlibat dalam suka duka kehidupan manusia. Karena itu, karya pastoralnya tidak terbatas pada pelayanan rohani tetapi juga pelayanan jasmani yang memberikan kesembuhan dan kesejahteraan bagi manusia.” ujarnya.

“Luar biasa Keuskupan Ruteng yang menyelenggarakan program bagus ini," kata Stanis Tatul, Pasien katarak dari Paroki Kumba.

Hal serupa diungkapkan, Nurmawati yang datang dari Pota untuk mengantar ibunya untuk diperiksa.

“Kegiatan ini sangat bagus dan meringankan beban mayarakat. Kiranya dapat memberikan manfaat bagi penderita katarak," katanya.

Baca Juga: Dermaga Kayu Warloka Memprihatinkan

Ketua KCK Denpasar, Helen Cundawan mengungkapkan, target pasien katarak yang dioperasi berjumlah 500 orang. Sedangkan penderita mata yang ingin ditangani berjumlah 2.500 orang.

Selama ini, KCK bekerja sama dengan John Fawcett Foundation berkeliling keseluruh NTT dan wilayah lain untuk mengadakan Bakti Sosial.

“Kegiatan sosial ini sangatlah berarti bagi penderita katarak maupun keluarganya. Kami bersyukur, boleh terlibat membantu penyelenggaraan program mulia ini.” tutur, Katarina Bedu, Ketua Komunitas Sosial, KLM Ruteng.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kasus KDRT Terbanyak Diselesaikan Rumah Perlindungan

Selasa, 13 September 2022 | 16:48 WIB

Anak Muda Labuan Bajo Pungut Sampah

Jumat, 2 September 2022 | 12:08 WIB

BTNK bersama Warga Pungut Sampah

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:42 WIB

Anak Muda di Labuan Bajo Bersih Sampah

Jumat, 8 Juli 2022 | 12:31 WIB
X