Pemuda Bersama BLHD Bersihkan Sampah di Hutan Lindung Mbeliling

- Rabu, 13 Juli 2022 | 14:29 WIB
Ketua Pemuda Manggarai Barat, Itho Umar saat menerima bibit sengon untuk di tanam di kawasan hutan lindung Puar Lolo di Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)
Ketua Pemuda Manggarai Barat, Itho Umar saat menerima bibit sengon untuk di tanam di kawasan hutan lindung Puar Lolo di Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Perihatin dengan kondisi  sampah yang berserakan di kawasan hutan lindung Mbeliling tepatnya di Puar Lolo, Desa Golo Desat, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, sekelompok pemuda dari berbagai organisasi di Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) membersihkan sampah yang berserakan itu untuk di buang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Kaper, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Rabu (13/7/2022) Sore.

Organisasi Pemuda yang terdiri dari Himpunan Pemuda Katolik Manggarai Barat Himpunan Anak Muda Anti Sampah (Hamas), OMK Paroki Rekas,OMK Gugus Sano Nggoang,dan Remas Merombok mulai membersihkan Sampah di hutan Mbeliling pukul 14.30 Wita sampai pukul 16.00 Wita.

Sebelum membersihkan sampah, organisasi Pemuda itu menemui Kepala BLHD Manggarai Barat, Sebas Wantuny di Kantornya untuk membahas persoalan sampah yang sering di buang di hutan Lindung Mbeliling. Usai berdiskusi dengan Kepala BLHD , pihak BLHD kemudian memberikan puluhan bibit Sengon kepada Itho Umar, selaku perwakilan pemuda Manggarai Barar untuk di tanam di Puar Lolo.

Baca Juga: Di Rumah Perlindungan Perempuan dan Anak, Suster Yosepina Membantu Warga Miskin

Ketua Pemuda Manggarai Barat, Itho Umar mengatakan, aksi sekolompok pemudadari berbagai organisasi ini merupakan bentuk kepedulian pemuda terkait persoalan sampah yang di buang tidak pada tempatnya.

"Hutan Mbeliling adalah hutan lindung.Oleh karena itu menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat untuk menjaganya.Sehingga, pemuda tidak menginginkan ada sampah di hutan lindung Mbeliling," tegasnya.

Ia meminta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barar untuk menambah tempat sampah  di Kota Labuan Bajo dan sekitarnya. Pasalnya, sampah yang ada di Puar Lolo di duga berasal dari Kota Labuan Bajo.

Masyarakat Labuan Bajo sengaja membuang  sampah di hutan lindung Mbeliling dikarenakan tidak ada tempat sampah di Labuan Bajo.

Ia menambahkan, usai membersihkan sampah di Puar Lolo, pemuda kemudian langsung menanam puluhan bibit kayu sengon di puar Lolo. Sampah  diangkut mengunakan mobil sampah milik BLHD untuk di buang di TPA Kaper, Desa Golo Bilas.

Sementara itu, Sekertaris Pemuda Katolik Manggarai Barat, Alfonsus Arfon mengajak, semua elemen di wilayah itu untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat, lebih khusus membuang  sampah di hutan lindung.

Baca Juga: Aksi Pemuda Pungut Sampah Hari Ketiga, Pedagang Cuek 

Selain itu, Alfonsus juga mengajak, masyarakat yang tinggal di seputar Puar Lolo agar melapor kepada Pemkab Manggarai Barat, jika menemukan orang atau oknum yang membuang sampah di Puar lolo.

" Puar Lolo akhir-akhir ini menjadi tempat langganan orang untuk membuang sampah. Padahal Puar Lolo adalah hutan lindung. Kita minta masyatakat seputar Puar Lolo agar tidak segan melapor kepada Pemkab Mabar, jika menemukan oknum yang membuang  sampah di Puar Lolo," ujar Alfons.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kasus KDRT Terbanyak Diselesaikan Rumah Perlindungan

Selasa, 13 September 2022 | 16:48 WIB

Anak Muda Labuan Bajo Pungut Sampah

Jumat, 2 September 2022 | 12:08 WIB

BTNK bersama Warga Pungut Sampah

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:42 WIB

Anak Muda di Labuan Bajo Bersih Sampah

Jumat, 8 Juli 2022 | 12:31 WIB
X