Ibu Rumah Tangga di Labuan Bajo Produksi Pembalut Wanita Ramah Lingkungan

- Minggu, 19 Juni 2022 | 10:04 WIB
Anggota komunitas Perfect Fit saat memproduksi pembalut kain perfect fit di rumah produksi (victorynews.id/SATRIA)
Anggota komunitas Perfect Fit saat memproduksi pembalut kain perfect fit di rumah produksi (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Puluhan ibu rumah tangga di Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat yang tergabung dalam komunitas Perfect Fit memproduksi pembalut wanita yang ramah lingkungan.

Pembalut ramah lingkungan itu terbuat dari 4 jenis kain yang aman dan nyaman bagi tubuh perempuan.

Pendamping Perfect Fit, Margaretha Subekti, Minggu (19/6/2022) mengatakan, 10 ibu rumah tangga di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat memiliki semangat yang sama untuk menyelamatkan alam dan lingkungan dengan memproduk pembalut wanita yang berbahan dari kain.

Mereka memproduksi pembalut wanita sejak Februari 2020 lalu.

Ia merincikan,  pembalut kain perfect fit ini terdiri dari 4 jenis kain. Kain pertama adalah Dry Fit yang dapat menjaga permukaan pembalut agar tetap kering. Kain Kedua, kain penyerap berbahan fleece untuk menampung darah menstrubasi.Kain Ketiga adalah kain anti air yang berfungsi untuk mencegah kebocoran.

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Fokus Pengembangan Destinasi Wisata

Kemudian di paling luar pembalut, ada kain bercorak batik yang membuat masa menstrubasi menjadi lebih menyenangkan.

Ia mengaku, hingga saat ini komunitas perfect fit telah memproduksi puluhan juta pembalut kain. Belum dijual secara masal lantaran izin operasional belum dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat.Saat ini,pihaknya sedang mengurus seluruh dokumen perizinan produksi pembalut kain.

Margaretha Subekti menjelaskan pembalut  kain  perfect fit ini tersedia dalam dua ukuran, yakni  pembalut siang dan pembalut malam dengan ukuran berbeda. Bagi masyarakat yang membutukan pembalut kain perfect fit dapat membeli di rumah produksi yang berlokasi di Kelurahan Wae Kelambu,Kecamatan Komodo.

Ia mengaku, manfaat dari Pembalut kain ini merupakan pembalut yang ramah lingkungan karena dapat digunakan berkali-kali dengan cuci ulang sehingg dapat menghemat biaya.

Pembalut kain juga tidak memiliki dampak buruk pada alat reproduksi gadis dan wanita dewasa karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih.

Ia menjelaskan, kain sisa pembuatan pembalut  wanita kemudian diolah lagi menjadi gantungan kunci,tas,boneka aksesoris anting dan kalung.Para penjahit pembalut wanita yang ada di lembaga Perfect Fit merupakan penjahit profesional yang telah mendapat pelatihan dari berbagai lembaga.

Baca Juga: Petani di Manggarai Barat Mulai Kesulitan Pupuk

Margaretha Subekti menuturkan produksi kain pembalut wanita yang berbahan kain ini bertujuan mendorong masyarakat untuk mulai mencintai dan menjaga alam dengan tidak mengunakan fasilitas  berbahan plastik.

Produksi pembalut wanita yang berbahan kain juga bukan semata-mata untuk mencari keuntungan melainkan untuk melestarikan alam agar bebas dari sampah plastik yang merusak lingkungan.

"Kain pembalut yang kita produksi sangat ramah lingkungan. Menyelamatkan perempuan dan generasi sehingga sayangi ibu dan bumi. Kami bukan sekedar jualan tetapi menyanyangi alam dan lingkungan,"tuturnya.

Koordinator Perfect Fit Labuan Bajo, Donatus Dula menuturkan, 10 ibu rumah tangga yang memproduski pembalut wanita tahun 2019 lalu mendapat pelatihan menjahit pembalut kain dari 
Yayasan Kopernik,perfect fit dan Simavi.Dari hasil pelatihan tersebut,pada Februari 2020 mulai memproduksi pembalut kain pakai ulang milik Perfect Fit.

Ia menjelaskan, pembalut kain yang diproduksi oleh penjahit lokal di Labuan Bajo itu selama ini berlatih untuk memproduksi pembalut cuci ulang yang berkualitas dengan harga terjangkau dan nyaman dipakai.Ada berbagai macam produk yang dapat dipakai saat menstruasi,salah satunya adalah pembalut kain cuci ulang yang bersih seperti pembalut kain perfect fit.

Baca Juga: Wabub Weng Lepas 19 Calon Jemaah Haji Asal Manggarai Barat

"Pembalut kain perfect fit ini oleh ibu-ibu dikenal dengan ramah tubuh,Ramah Lingkungan dan Ramah Dompet.Pembalut ini tanpa kimia karena  bahan dasar kain.Rama lingkungan karena tanpa kandungan plastik dan ramah dompet karena sekali dibeli dapat digunakan 2 sampai 3 tahun"ujat Don Dula.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kasus KDRT Terbanyak Diselesaikan Rumah Perlindungan

Selasa, 13 September 2022 | 16:48 WIB

Anak Muda Labuan Bajo Pungut Sampah

Jumat, 2 September 2022 | 12:08 WIB

BTNK bersama Warga Pungut Sampah

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:42 WIB

Anak Muda di Labuan Bajo Bersih Sampah

Jumat, 8 Juli 2022 | 12:31 WIB
X