Ratusan Pelajar SMK Negeri 3 Komodo Belajar Fotografi dan Menulis

- Rabu, 9 Februari 2022 | 11:58 WIB
Wartawan kliklabuanbajo.id, Servatinus Mamilianus saat memberikan materi menulis kepada pelajar SMK Negeri 3 Komodo (victorynews.id/SATRIA)
Wartawan kliklabuanbajo.id, Servatinus Mamilianus saat memberikan materi menulis kepada pelajar SMK Negeri 3 Komodo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Ratusan pelajar jurusan Wisata Bahari Ekowisata dan Jurusan Seni Tari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Komodo mengikuti pelatihan fotografi dan menulis, Rabu (9/2/2022) siang.

Pelatihan fotografi dan menulis itu dilaksanakan oleh Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) ke 76 tahun 2022.

Materi fotografi yang dibawakan oleh ketua Komunitas Fotografi Labuan bajo (KFL), Bondan tersebut menarik bagi para pelajar. Ratusan pelajar antusias mengikuti arahan fotografer ternama itu.

"PWMB mengangkat tema Genjot pariwisata dengan fotografi. Para siswa-siswa SMKN 3 Komodo harus dipersiapkan untuk memiliki kemampuan untuk foto dan menarasikan sebuah foto,"tegas Gerasimos Satria, Ketua PWMB.

Baca Juga: Sampah Masih Menjadi Masalah di Kawasan Taman Nasional Komodo

Satria mengatakan, Kabupaten Mabar memiliki banyak destinasi wisata, namum hingga saat ini belum dikembangkan secara maksimal. Masyarakat yang bermukim di seputar destinasi wisata belum mampu mempromosikan destinasi wisata yang ada di desa.

"Melalui pelatihan fotografi dan jurnalistik,kita ingin dorong anak-anak SMKN 3 Komodo bisa menulis tentang keindahan obyek wisata," ujar Satria.


Seperti yang diketahui fenomena yang terjadi sekarang adalah banyak tempat wisata baru yang belum banyak dikunjungi justru menjadi terkenal ketika fotonya ditampilkan di media sosial. Atau mencari informasi mengenai tempat wisata yang aman dikunjungi saat pandemi melalui berbagai foto di media sosial.

Baca Juga: Layanan Pojok Baca Digital Hadir di Labuan Bajo

Satria mengaku, kehadiran teknologi berperan penting dalam mempermudah kehidupan masyarakat dalam berbagai hal, salah satunya sektor pariwisata.

Pelatihan fotografi dan jurnalistik mampu melahirkan anak-anak muda di Labuan Bajo yang menghasilkan konten foto yang indah dan menarik ke masyarakat.

Ia mencontohkan,objek wisata Pulau Padar, kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang awalnya belum dikenal orang tetapi melalui foto akhirnya dikenal banyak orang dan menjadi destinasi wisata unggulan hingga saat ini.

Baca Juga: Camat Mbeliling Ingin Seluruh Desa jadi Desa Wisata

"Melalui pelatihan fotografi dan menulis ini, kami ingin mendukung para pelajar SMK Negeri 3 Komodo untuk terus menghasilkan karya - karya terbaik. Sekaligus menjadi duta lokal yang memperkenalkan tempat wisata daerahnya agar animo masyarakat untuk berkunjung semakin meningkat, sehingga secara langsung dapat mendongkrak perekonomian," harap Satria.

Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo, Hortensia Herima akrab disapa ibu Osi, menyampaikan rasa bangganya karena kegiatan itu berlangsung di Sekolahnya.Ini merupakan suatu kesempatan yang luar biasa bagi pelajar untuk mendapatkan ilmu fotografi.

Baca Juga: Gelar Vaksinasi, BIN Target 5.000 Dosis di Manggarai Timur

"Terimakasih kepada PWMB karena telah memilih sekolah kami untuk dijadikan lokasi pelatihan fotografi dan jurnalistik," ungkapnya.

Dirinya berharap agar pelatihan tersebut mampu menghasilkan fotografer yang handal agar bisa bersaing dengan para fotografer luar yang datang ke Labuan Bajo.

"Karena itu, momen yang luar biasa ini harus kita manfaatkan dengan baik," pintanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kasus KDRT Terbanyak Diselesaikan Rumah Perlindungan

Selasa, 13 September 2022 | 16:48 WIB

Anak Muda Labuan Bajo Pungut Sampah

Jumat, 2 September 2022 | 12:08 WIB

BTNK bersama Warga Pungut Sampah

Selasa, 12 Juli 2022 | 07:42 WIB

Anak Muda di Labuan Bajo Bersih Sampah

Jumat, 8 Juli 2022 | 12:31 WIB
X