Tingkatkan Kesehatan Ibu dan Anak dengan Maksimalkan Pemanfaatan Buku KIA

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:38 WIB
Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng (victorynews.id/SATRIA)
Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng mengajak para orang tua khususnya di Kabupaten Manggarai Barat untuk memaksimalkan pemanfaatan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

"Di dalam buku tersebut terdapat panduan terkait apa saja yang harus dilakukan oleh orang tua, khususnya para ibu, agar kesehatan diri sendiri dan anak meningkat," ujar Yulianus Weng, Minggu (2/10/2022).

Ia menjelaskan, dalam buku KIA terdapat panduan sejak ibu hamil, melahirkan dan selama nifas, hingga bayi yang dilahirkan berusia lima tahun, termasuk pelayanan imunisasi, gizi, tumbuh kembang anak dan keluarga berencana (KB).

Baca Juga: Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Ia yakin, buku yang disusun oleh para ahli dan diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan ini bisa membuat kesehatan ibu dan anak akan semakin meningkat jika panduan yang ada di dalam buku KIA ditaati. 

Yulianus Weng menjelaskan, kebijakan Buku KIA sebagai telah lama ditetapkan, namun hingga saat ini, komitmen dalam pemanfaatannya di masyarakat masih belum sesuai harapan, sehingga perlu penguatan terutama kelengkapan pengisiannya oleh petugas kesehatan, kader dan orangtua.

Manfaat Buku KIA tidak saja pada sektor kesehatan, tetapi sudah diintegrasikan dengan sektor lain, diantaranya surat keterangan lahir untuk mempermudah mendapatkan akte, buku pegangan pendamping Program Keluarga Harapan, sebagai media pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak anak di PAUD dan Bina Keluarga Balita.

Baca Juga: Wakil Bupati Manggarai Barat Dorong Pemdes Bentuk TPPS

"Saat ini Pemkab Manggarai Barat telah membagikan buku KIA kepada masyarakat dalam hal ini ibu hamil serta memiliki anak bawah lima tahun. Jika ada yang belum menerima buku KIA, mereka dapat meminta di puskesmas," jelas Yulianus Weng.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Belum Terima Kartu Tani

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:54 WIB

Warga Teong Toda Perbaiki Jalan yang Rusak Parah

Selasa, 29 November 2022 | 16:35 WIB

Warga Labuan Bajo Kesulitan Minyak Tanah

Sabtu, 26 November 2022 | 15:25 WIB

Warga Keluhkan Jalan Rusak di Desa Wae Lolos

Kamis, 24 November 2022 | 12:21 WIB

Bupati Edi Endi Dorong BUMDes Ikut Kelola Sampah

Senin, 21 November 2022 | 19:37 WIB

Petani Kesulitan Bibit Jagung

Senin, 14 November 2022 | 19:44 WIB

Masyarakat Didorong Bangun Desa

Selasa, 8 November 2022 | 19:47 WIB

RSUD Komodo Isolasi Tiga Pasien Covid-19

Senin, 7 November 2022 | 11:15 WIB
X