Ketua DPRD Manggarai Barat Dorong Sektor Pertanian untuk Mandiri Pangan

- Jumat, 30 September 2022 | 08:31 WIB
Ketua DPRD Manggarai Barat, Martinus Mitar (victorynews.id/SATRIA)
Ketua DPRD Manggarai Barat, Martinus Mitar (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mendorong pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Manggarai Barat untuk kemandirian pangan bagi petani.

Saat ini masyarakat dihadapkan kepada sebuah situasi yang sulit, sehingga diperlukan terobosan-terobosan yang luar biasa.Masyarakat dituntut memaksimalkan sektor pertanian sebagai potensi untuk menuju pada kemandirian pangan. Mandiri pangan harus dimulai dari rumah tangga masing masing.

"Masih banyak kendala yang dihadapi oleh petani di kabupaten Manggarai Barat. Seperti kesulitan mengakses modal dari lembaga modal, serta minimnya pemahaman terhadap sistem pertanian terintegrasi," ujar Marthen Mitar, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Diminta Perbaiki Jalan Rusak Berat

Ia menjelaskan, lahan pertanian di desa juga semakin berkurang dengan adanya pertumbuhan penduduk yang menggeser fungsi lahan pertanian sehingga mengurangi jumlah produksi pangan.

Berkurangnya produksi pangan juga dipengaruhi oleh jumlah petani yang semakin menurun karena para penerusnya lebih memilih untuk pergi ke kota mencari pundi-pundi uang.

Marthen menginginkan, Kabupaten Manggarai Barat
harus semakin mandiri dari segi ketahanan pangan. Kemandirian tidak hanya untuk komoditas beras, tetapi juga untuk komoditas jagung, daging, sayur bahkan kedelai yang kini sebagian besar dari impor luar daerah.

Baca Juga: Jalan Poros Utara Terancam Putus

Ia mengungkapkan, komitmen pemerintah dalam pengembangan pertanian dalam arti luas selain mempersiapkan lokomotif perekonomian baru bagi Manggarai Barat juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Manggarai Barat hingga saat ini dikenal sebagai daerah yang kaya raya dengan sumber daya alam yang berlimpah namun itu akan akan habis. Sehingga, kita perlu menyiapkan sumber-sumber perekonomian yang tidak akan habis yakni sektor pertanian," ungkapnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Belum Terima Kartu Tani

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:54 WIB

Warga Teong Toda Perbaiki Jalan yang Rusak Parah

Selasa, 29 November 2022 | 16:35 WIB

Warga Labuan Bajo Kesulitan Minyak Tanah

Sabtu, 26 November 2022 | 15:25 WIB

Warga Keluhkan Jalan Rusak di Desa Wae Lolos

Kamis, 24 November 2022 | 12:21 WIB

Bupati Edi Endi Dorong BUMDes Ikut Kelola Sampah

Senin, 21 November 2022 | 19:37 WIB

Petani Kesulitan Bibit Jagung

Senin, 14 November 2022 | 19:44 WIB

Masyarakat Didorong Bangun Desa

Selasa, 8 November 2022 | 19:47 WIB

RSUD Komodo Isolasi Tiga Pasien Covid-19

Senin, 7 November 2022 | 11:15 WIB
X