Masyarakat Pulau Mesah dan Papagarang Titip Berbagai Persoalan Kepada Bupati Manggarai Barat

- Sabtu, 17 September 2022 | 18:53 WIB
PT.PLN (Persero) saat memberikan bantuan peralatan sekolah kepada pelajar di Pulau Messah Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo-Manggarai Barat
PT.PLN (Persero) saat memberikan bantuan peralatan sekolah kepada pelajar di Pulau Messah Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo-Manggarai Barat

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Masyarakat Pulau Mesah,Desa Pasir Putih dan Pulau Papagarang,Desa Papagarang,Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat,NTT menitipkan berbagai persoalan yang dialami oleh masyarakat Dua pulau itu kepada Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi. Permasalahan yang dialami oleh masyarakat Dua Pulau itu, seperti air bersih, listrik,fasilitas pendidikan dan zonasi Taman Nasional Komodo (TNK).

Warga Pulau Papagarang,Rasit, Sabtu (17/9/2022) menyampaikan, masalah utama masyarakat di Pulau Messah Desa Pasir Papagarang adalah kurang kuatnya arus listrik. Sebagian masyarakat masih mengunakan lampu pelita, berkurantnya arus listrik di Pulau Mesah membuat anak sekolah di Pulau Mesah jarang belajar.

Ia mengatakan, sejumlah pulau kecil di Kabupaten  Manggarai Barat sudah dialiri listrik oleh PT. PLN. Namun,Pulau Mesah hingga saat  ini belum dialiri listrik.Padahal di Pulau Mesah sendiri ditinggal oleh ribuan penduduk yang membutuhkan listrik.

"Kami harap pak bupati untuk perjuangkan listrik agar ada di Pulau Papagaranf. Warga Pulau Papagarang sangat membutuhkan jaringan listrik," kata Rasit.

Baca Juga: Suzuki East Marine Buka Diler Di Labuan Bajo

Warga Pulau Mesah, Badurahim menitip pesan kepada Edistasius Endi untuk mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA)di Pulau Mesah. Pasalnya selama ini anak dari Pulau Mesah harus melanjutkan pendidikan SMA di Labuan Bajo ibukota Kabupaten Manggarai Barat dikarenakan dipulau Desa Pasir Putih sendiri tidak memiliki SMA

"Biaya sekolah di Labuan Bajo sangat mahal dan harus mencarikan tempat tinggal untuk anak-anak yang sekolah di Labuan Bajo.Dengan adanya SMA di Pulau Mesah maka dipastikan akan membantu orangtua untuk mengurangi biaya pendidikan," kata Badurahim.

Menurutnya,anak sekolah di Pulau Mesah mencapai ratusan orang.Selama ini untuk melanjutkan sekolah terpaksa di Kota Labuan Bajo dan tentunya biaya sangat tinggi.Sehingga nantinya dipastikan ada ratusan siswa yang melanjutkan sekolah di SMA di Pulau Mesah,jika SMA hadir di pulau Mesah. Apalagi berdirinya SMA di Pulau Mesah sangat dirindukan oleh masyarakat di Pulau Mesah sejak lama.

"Kami masyarakat Pulau Mesah sangat menrindukan adanya SMA di Pulau Mesah. Agar anak-anak kami tidak sekolah di tempat lain,jika ada sekolah di Pulau Mesah," harap Badurahim.

Baca Juga: PMI Manggarai Barat Simulasi Penanggulangan Bencana Tanah Longsor

Warga Papagarang,Irwan menyampaikan, baru-baru ini Balai TNK menetap desanya masuk dalam zonasi TNK tanpa melibatkan masyarakat Pulau Papagarang. Semenjak Papagarang masuk dalam zonasi TNK,berbagai aturan yang harus dijalankan oleh masyarakat Pulau Papagarang.

Berbagai aturan tentang zona TNK  tersebut sangat membingungkan masyarakat di Pulau Papagarang.

"Saya pernah diancam ditembak oleh oknum tertentu disaat mancing ikan. Kami merasa tidak nyaman dengan peraturan Zona TNK tersebut. Mereka tidak pernah melibatkan masyarakat Papagarang saat memasukan Pulau Papagarang dalam zona TNK," tutur Irwan.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kondisi Sejumlah Sekolah Memprihatinkan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:13 WIB

KPA Manggarai Barat Bentuk Warga Peduli AIDS

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:04 WIB

Puluhan Tahun Warga Desa Pengka Nikmati Jalan Buruk

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:22 WIB

PDU Batu Cermin Belum Mampu Proses Sampah Organik

Jumat, 30 September 2022 | 16:34 WIB

Jalan Poros Utara Terancam Putus

Jumat, 30 September 2022 | 07:37 WIB

Warga Keluhkan Kondisi Ruas Jalan Tiwu Riwung

Kamis, 29 September 2022 | 21:10 WIB

Pemdes Watu Galang Bangun Jalan Usaha Tani

Selasa, 27 September 2022 | 14:11 WIB

Dua Warga Golo Mbu Terinveksi DBD

Senin, 26 September 2022 | 18:09 WIB

Kades Diminta Transparan Kelolah Anggaran

Senin, 26 September 2022 | 08:01 WIB

Masyarakat dalam Kawasan Hutan Mbeliling Gelar Rakor

Sabtu, 17 September 2022 | 17:32 WIB

Wisata Baca Merangsang Minat Baca Anak

Kamis, 15 September 2022 | 11:53 WIB
X