Wisata Baca Merangsang Minat Baca Anak

- Kamis, 15 September 2022 | 11:53 WIB
Perpustakaan Daerah Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)
Perpustakaan Daerah Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Salah satu upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat untuk merangsang minat baca masyarakat selama ini yakni melalui wisata baca.Lebih khususnya bagi anak-anak sekolah,mengingat minat baca nasyarakat masih minim.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus, Kamis (15/9/2022) diruangannya.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten  Manggarai Barat bekerjasama dengan sekolah-sekolah di wilayah Manggarai Barat untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak. Pihaknya mengundang anak-anak sekolah di Labuan Bajo dan sekitarnya untuk membaca buku di perpustakaan daerah.

Di perpusatakaan daerah memiliki beraneka jenis buku yang menarik untuk dibaca oleh pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dengan tujuan untuk merangsang minat baca siswa-siswi.

Baca Juga: Bupati Edi Endi Ajak Warga Galakkan Tanam Pohon Bambu

Agustinus Rinus mengatakan, saat ini minat baca para pelajar di wilayah Manggarai Barat cukup rendah. Para pelajar lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain Gadget di Hand Phone (HP) ketimbang membaca buku. Padahal berbagai jenis buku berada di perpustaakaan daerah. Serta perpustakaan daerah setiap hari terbuka untuk umum.

Untuk itu,salah satu upaya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Manggarai Barat berapa tahun terakhir ialah membuat program wisata baca bagi anak-anak sekolah.Pihaknya berharap semoga dengan program wisata membaca minat baca siswa-siswi semakin meningkat.

Melalui program itu, pihaknya menginginkan agar budaya membaca dihidupkan kembali. Dengan tujuan agar generasi-generasi penerus bangsa ini memiliki kemampuan dan kualitas yang memadai untuk menghadap tantangan kedepan.

Baca Juga: ASN Diminta Netral Pada Pilkades

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Hilarius Madin menjelaskan, minat baca pelajar di wilayah Kabupaten Manggarai Barat  sangat memperihatinkan. Hal ini diperparah dengan bermain gadget.Sehingga budaya membaca semakin lama semakin menghilang.

Dirinya berharap melalui wisata baca yang dibuat oleh oleh instansinya,minat baca masyarakat khususnya siswa-siswi dapat dihidupkan kembali.

Ia mengaku, program wisata membaca ini merupakan upaya pemerintah untuk merangsang minat baca masyarakat,khusunya siswa-siswi.Dengan harapan semogram program itu berhasil. Serta dorongan orangtua siswa-siswi juga harus kuat.

Dimana para orangtuya siswa-siswi mendorong anaknya untuk selalu ke perpustakaan daerah. Dorongan yang kuat dari orangtua siswa tentu berpengaruh besar untuk meningkatkan minat baca siswa-siswi.

Baca Juga: Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

“Kita berharap melalui wisata baca,minat baca para pelajar di wilayah Manggarai Barat pada tahun mendatang harus ada peningkatan. Dirumah juga para orangtua harus mendorong anak-anak agar biasa membaca buku,’’ ujar Hila Madin.

Hila Madin menambahkan, pihak sekolah diwilayah Manggarai Barat agar memperbanyak buku-buku bacaan di perpustakaan sekolah.Akses pelajar untuk keperpustakaan sekolah diharapkan agar tidak dipersulit.

Dengan banyaknya buku diperpustakaan sekolah, maka anak sekolah memiliki kemauan untuk mendatangi perpustakaan sekolah untuk membaca buku.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Belum Terima Kartu Tani

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:54 WIB

Warga Teong Toda Perbaiki Jalan yang Rusak Parah

Selasa, 29 November 2022 | 16:35 WIB

Warga Labuan Bajo Kesulitan Minyak Tanah

Sabtu, 26 November 2022 | 15:25 WIB

Warga Keluhkan Jalan Rusak di Desa Wae Lolos

Kamis, 24 November 2022 | 12:21 WIB

Bupati Edi Endi Dorong BUMDes Ikut Kelola Sampah

Senin, 21 November 2022 | 19:37 WIB

Petani Kesulitan Bibit Jagung

Senin, 14 November 2022 | 19:44 WIB

Masyarakat Didorong Bangun Desa

Selasa, 8 November 2022 | 19:47 WIB

RSUD Komodo Isolasi Tiga Pasien Covid-19

Senin, 7 November 2022 | 11:15 WIB
X