Dinkes Manggarai Barat Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

- Jumat, 9 September 2022 | 17:49 WIB
Dokter RSUD Komodo saat memeriksa kesehatan kepada Masyarakat Desa Watu Nggelek di Kantor desa.  (victorynews.id/SATRIA)
Dokter RSUD Komodo saat memeriksa kesehatan kepada Masyarakat Desa Watu Nggelek di Kantor desa. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Menjelang pelaksanaan kegiatan Publikasi Kedinasan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten  Manggarai Barat, Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi ratusan masyarakat Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo, Jumat (9/9/2022) bertempat di halaman kantor Desa Watu Ngelek.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis itu merupakan bentuk dukungan Dinkes Kabupaten Manggarai Barat menuju daerah Manggarai Barat yang Ramah, Maju dan Sejahtera serta bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga desa Watu Nggelek.

Apalagi dilaksanakan secara gratis bagi seluruh masyarakat Desa Watu Nggelek. Sehingga respon masyarakat desa itu, untuk memeriksa kesehatan sangat bagus dibuktikan derngan kehadiran di lokasi pemeriksaan kesehatan.

Pelayanan kesehatan gratis yang dimulai sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita. Tampak sejumlah dokter dan tenaga kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Umum  Daerah (RSUD) Komodo hadir melakukan pemeriksaan kesehatan kepada ratusan masyarakat desa Watu Ngelek.

Baca Juga: Politeknik eLBajo Commodus Wisuda 55 Mahasiwa, 4 orang Memperoleh Predikat Lulusan Terbaik

Sekertaris Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Adrianus Ojo mengatakan, pemeriksaan kesehatan lebih banyak diikuti oleh masyarakat dewasa usia 40 tahun ke atas. Orang tua di desa Watu Nggelek juga turut membawa anaknya yang usai masih sekolah dasar untuk diperiksa kesehatannya.Pemeriksaan Kesehatan itu tanpa dipungut biaya apa pun.

Pemeriksaan kesehatan gratis tersebut bertujuan untuk mendeteksi secara dini kemungkinan penyakit yang diderita oleh masyarakat di desa, sehingga masyarakat dapat diantisipasi sesegera mungkin.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi penimbangan berat badan, denyut nadi, pengukuran tekanan darah, kadar kolesterol, mendeteksi penyakit diabetes mellitus dan konsultasi kesehatan dengan para dokter spesialis.

"Dengan pemeriksaan kesehatan itu, diharapkan adanya kesadaran diri dari masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, dengan menerapkan pola hidup sehat" kata Adrianus.

Adrianus menyarankan, masyarakat Desa Watu Nggelek agar sebaiknya melakukan usaha preventif dengan menghindari fakor-faktor risiko dari penyakit, seperti penyakit jantung dan penyakit lainnya yang sering diderita oleh masyarakat.

Baca Juga: Ternak Di Nangalili Kurang Sehat

Serta diharapkan masyarakat kedepannya melakukan  pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal itu diperlukan terutama jika berusia di atas 40 tahun, minimal satu kali dalam satu tahun dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh baik di rumah sakit maupun ditempat kesehatan lainnya di wilayah Manggarai Barat.

Warga Watu Nggelek, Albina Sunur mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan cek kesehatan gratis di desanya. Pemeriksaan kesehatan secara gratis itu sangat membantu masyarakat karena selama ini, dirinya  dan masyarakat lainnya jika ingin pemeriksaan kesehatan harus ke RSUD Komodo dan Rumah Sakit Siloam,tentunya membuang biaya yang cukup banyak.

Dengan petugas kesehatan mendatangi desanya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,maka dapat membantu masyarakat desa Watu Nggelek untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan secara langsung tanpa mengeluarkan biaya.

Baca Juga: DPRD Minta Perumda Air Minum Wae Mbeliling Serius Tangani Masalah Air Bersih

Ia menginginkian, pemeriksaan kesehatan secara gratis dilaksanakan setiap tahun. Hal itu bertujuan agar masyarakat di desa mengetahui jenis penyakit yang dialami serta mengetahui cara mengobati penyakit yang diderita oleh masyarakat.

Apalagi anggaran yang dimiliki oleh masyarakat di desa selama ini sangat minim dan membutuhkan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Kita sangat berharap agar pemeriksaan kesehatan ini dilakukan Dua kali dalam satu tahun dan dilakukan di desa. Sehingga seluruh masyarakat hadir di desa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,’’ harap Sunur.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Belum Terima Kartu Tani

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:54 WIB

Warga Teong Toda Perbaiki Jalan yang Rusak Parah

Selasa, 29 November 2022 | 16:35 WIB

Warga Labuan Bajo Kesulitan Minyak Tanah

Sabtu, 26 November 2022 | 15:25 WIB

Warga Keluhkan Jalan Rusak di Desa Wae Lolos

Kamis, 24 November 2022 | 12:21 WIB

Bupati Edi Endi Dorong BUMDes Ikut Kelola Sampah

Senin, 21 November 2022 | 19:37 WIB

Petani Kesulitan Bibit Jagung

Senin, 14 November 2022 | 19:44 WIB

Masyarakat Didorong Bangun Desa

Selasa, 8 November 2022 | 19:47 WIB

RSUD Komodo Isolasi Tiga Pasien Covid-19

Senin, 7 November 2022 | 11:15 WIB
X