Kemenparekraf Rencana Bangun Politeknik Pariwisata di Labuan Bajo

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:49 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Manggarai Barat,Pius Baut (victorynews.id/SATRIA)
Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Manggarai Barat,Pius Baut (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana akan membangun Perguruan Tinggi (PT) Politeknik Pariwisata Negeri di Labuan Bajo Manggarai Barat pada tahun 2023 mendatang.

Pendirian lembaga perguruan tinggi itu sebagai upaya menjawab salah satu tantangan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas yaitu peningkatan kualitas Sumber daya manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut, Sabtu (13/8/2022) siang.

Pius Baut mengatakan, Kemenparekraf memiliki kepedulian dalam peningkatan SDM masyarakat Mangarai Barat melalui menghadirkan Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Pariwisata di Labuan Bajo.Dengan berdirinya perguruan tinggi Politekpar di Labuan Bajo,maka SDM masyarakat untuk menangkap peluang bisnis dan dunia kerja sektor pariwisata akan siap.

Ia mengaku, Politeknik Pariwisata itu nantinya akan berada langsung di bawah Kemenparekraf. Rencananya, untuk tahun 2021 lalu Kemenparekraf akan membangun Politeknik Pariwisata Negeri di Likupang dan Jawa Tengaj terlebih dahulu.Tahun 2023,Kemenparekaf akan fokus membangun Politeknik Pariwisata di Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga: Masyarakat Harus Dilibatkan Pengembangan Sektor Pariwisata

Terkait rencana pembangunan politeknik pariwisata itu  di Labuan Bajo, Pius Baut mengaku dalam waktu dekat akan dilaporkan kepada Bupati Manggarai  Barat, Edistasius Endi.Sedangkan terkait lokasi pembangunan Polteknik Pariwisata itu akan menunggu arahan dari Bupati, Edistasius Endi.

Pius Baut menegaskan, SDM sebagai salah satu tantangan berat untuk meningkatkan pariwisata Labuan Bajo.Karena statusnya sebagai destinasi superprioritas, Labuan Bajo membutuhkan dukungan SDM berkualitas demi pariwisata berkelanjutan.

Dirinya mengklaim saat ini 60 persen dari pekerja di Labuan Bajo hanya memiliki ijazah SD.

Ia mengaku, bisnis di bidang Perhotelan dan Pariwisata di Labuan Bajo kedepannya akan terus berkembang.Membutuhkan kesiapan SDM masyarakat untuk menangkap peluang bisnis pariwisata di Labuan Bajo.Masyarakat harus siap bersaing dengan tenaga kerja yang datang dari luar Nusa Tenggara Timur  (NTT).

Baca Juga: Produksi Sampah Menurun Dratis

Pemerintah akan membuka akses seluas-luasnya kepada generasi muda di Kabupaten Manggarai  Barat dan seluruh NTT untuk memperoleh pendidikan pariwisata yang berkualitas.Lulusan perguruan tinggi pariwisata dipastikan akan  ditunggu para pelaku bisnis pariwisata.

Mulai dari hotel berbintang, kapal pesiar, restauran besar maupun bisnis pariwisata lainnya di Manggarai  Barat,” Pius Baut.

Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina menyampaikan penguatan sumber daya alam adalah Pekerjaan Rumah (PR) dan syarat utama untuk destinasi superpremium.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat untuk rencana strategi mendirikan kampus Politeknik Pariwisata itu dapat direalisasikan sangat cepat.

"Langkah selanjutnya adalah memikirkan calon mahasiswa, dosen, dan beasiswa. Dia berharap putra-putri Manggarai Barat bisa melanjutkan pendidikan dan bekerja di sektor pariwisata  Manggarai Barat,"kata Shana.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kondisi Sejumlah Sekolah Memprihatinkan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:13 WIB

KPA Manggarai Barat Bentuk Warga Peduli AIDS

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:04 WIB

Puluhan Tahun Warga Desa Pengka Nikmati Jalan Buruk

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:22 WIB

PDU Batu Cermin Belum Mampu Proses Sampah Organik

Jumat, 30 September 2022 | 16:34 WIB

Jalan Poros Utara Terancam Putus

Jumat, 30 September 2022 | 07:37 WIB

Warga Keluhkan Kondisi Ruas Jalan Tiwu Riwung

Kamis, 29 September 2022 | 21:10 WIB

Pemdes Watu Galang Bangun Jalan Usaha Tani

Selasa, 27 September 2022 | 14:11 WIB

Dua Warga Golo Mbu Terinveksi DBD

Senin, 26 September 2022 | 18:09 WIB

Kades Diminta Transparan Kelolah Anggaran

Senin, 26 September 2022 | 08:01 WIB

Masyarakat dalam Kawasan Hutan Mbeliling Gelar Rakor

Sabtu, 17 September 2022 | 17:32 WIB

Wisata Baca Merangsang Minat Baca Anak

Kamis, 15 September 2022 | 11:53 WIB
X