Pemkab Manggarai Barat dan UMY Kembangkan Kerjasama di Sektor Pariwisata

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:45 WIB
Dosen Universitas Muhamadiyah Yogyakarta saat bertemu Pemkab Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Dosen Universitas Muhamadiyah Yogyakarta saat bertemu Pemkab Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat, NTT bersama Lembaga Penelitian, Publikasi, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Yogyakarta kembangkan Kerjasama Pembangunan Sektor Pariwisata Berbasis Potensi Daerah di wilayah Manggarai Barat.

Rombongan dari UMY ini, diterima langsung oleh Asisten Perekonomian & Pembangunan (Asisten II) Marthinus Ban, Sabtu (6/8/2022) di Ruang Kerja Asisten II Kantor Bupati Manggarai Barat.

Kepala LP3M, Gatot Supangkat menyampaikan, Kabupaten Manggarai Barat memiliki potensi pariwisata  yang sangat luar biasa. Bahwa inisiasi kerjasama antara UMY dan Pemkab Manggarai  Barat diharapkan dapat membantu pembangunan sektor pariwisata khususnya di Wilayah Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas.

Ia menyebutkan, wilayah Manggarai Barat  merupakan daerah yang memiliki banyak potensi disektor pariwisata,perikanan dan pertanian. Beberapa wilayah seperti Kecamatan Welak,Sano Nggoang,Mbeliling dan Komodo memiliki banyak obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Meski luas daerahnya berupa laut, namun sektor perikanan dan pariwisata belum dikembangkan secara optimal.

Baca Juga: Persamba Manggarai Barat Bantai Persewa Waingapu 4-2

Selain bidang pengembangan potensi sektor pariwisata,Gatoto mengatakan pihaknya berkeinginan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dari Kabupaten Manggarai Barat. Salah satunya pengiriman calon mahasiswa yang berkesempatan kuliah di kampus UMY.

“Semoga dengan kerja sama ini potensi yang ada di Manggarai Barat bisa dikembangkan sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung,” tutur Gatot.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini akan banyak hal yang bisa dikerjasamakan lebih lanjut dalam rangka mendukung pembangunan di daerah Manggarai Barat.Kerja sama pengembangan sektor pariwisata kedepannya diharapkan terus berlanjut dalam rangka pemberdayaan masyarakat lokal.

Gatot menambahkan, Kabupaten Manggarai Barat  yang memiliki cakupan wilayah laut cukup luas nantinya dapat dikembangkan potensi sektor perikanan melalui pengembangan nilai tambah produk olahan hasil ikan.

“Kita harapkan nantinya produk dari masyarakat pesisir ini bisa terserap oleh pasar sebagai produk unggulan dari Manggarai Barat,"harapnya.

Asisten II Bupati Manggarai Barat, Martinus Ban menjelaskan, Pemkab Manggarai Barat sangat menyambut baik inisiasi kerjasama antar UMY dan Pemkab Manggarai Barat.

Baca Juga: Puluhan Sekolah Belum Terjangkau Jaringan Internet

“Mengingat saat ini kami sangat concern dengan pembangunan sektor pariwisata khususnya di Labuan Bajo dan berharap UMY sebagai Perguruan Tinggi dapat berkontribusi membantu membangun sektor pariwisata berbasis potensi daerah kami.
Sehingga Labuan Bajo mampu menjadi destinasi wisata super prioritas di Indonesia baik untuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara tambahnya.” kata Marthin Ban.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Pencegahan Stunting Harus Dilakukan Secara konvergen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:08 WIB

Puluhan Sekolah Belum Terjangkau Jaringan Internet

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:44 WIB

Masyarakat Diminta Jangan Jadi Penonton

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:35 WIB

Nelayan Keluhkan Ketiadaan BBM

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:35 WIB

Paroki Datak Tanam Jagung 750 Hektar 

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:07 WIB

BPOM Kampanye Gunakan Komestik

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:07 WIB

PPL Diminta Turun ke Lapangan

Selasa, 26 Juli 2022 | 20:19 WIB

Kader BKB Diminta Antisipasi Masalah Stunting

Senin, 25 Juli 2022 | 08:15 WIB

Warga Sukarela Perbaiki Jalan Rusak

Jumat, 15 Juli 2022 | 12:19 WIB

Warga Siru Minta Perbaik Jalan

Kamis, 14 Juli 2022 | 17:02 WIB
X