Puluhan Sekolah Belum Terjangkau Jaringan Internet

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:44 WIB
Ketua DPRD Manggarai Barat, Martinus Mitar (victorynews.id/SATRIA)
Ketua DPRD Manggarai Barat, Martinus Mitar (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Manggarai Barat, Hila Madin mengatakan, sebanyak 21 Sekolah Dasar (SD) dan 6 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Macang Pacar hingga saat ini belum terjangkau jaringan internet. Situasi ini pun menjadi kendala dalam menunjang proses pendidikan di sekolah tersebut.

Ia mengatakan, satu di antara masalah yang dihadapi guru di Kecamatan Macang Pacar yakni sulit mengakses informasi terutama seputar pendidikan, karena di Macang Pacar masih belum terdapat tower telekomunikasi.Para Guru harus sering pulang-pergi ke tempat lain yang memiliki jaringan internet untuk sekadar mengakses informasi perkembangan dunia pendidikan.

"Untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat,Seluruh SD dan SMP di Kecamatan Macang Pacar belum terjangkau internet.Sehingga selama ini diwilayah itu belum bisa menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) melainkan dengan Ujian Nasional Kertas Pensil," kata Hila Madin, Kamis (4/8/2022) siang.

Baca Juga: Potensi Pariwisata Manggarai Barat Harus Terus Dikembangkan

Hila Madin mengaku, lembaga pendidikan yang belum terjangkau internet memang tidak mengalami masalah. Sebab, pemerintah pada tahun 2021 lalu tidak melaksanakan Ujian Nasional akibat pandemi virus korona atau covid-19. Jika tidak terkendala pandemi, maka jumlah sekolah yang siap menggelar UNBK di Kabupaten Manggarai Barat 43 SMP.

Ia mengakui akses internet pada lembaga pendidikan di Kabupaten Manggarai Barat belum merata. Khususnya, seluruh sekolah-sekokah yang ada di wilayah pelosok.

Dirinya telah membangun koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Manggarai Barat mengarahkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di wilayah yang tidak tersentuh internet seperti di Kecamatan Macang Pacar dan Pacar.

Terpisah,Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mengatakan, wilayah Kecamatan Macang Pacar dan sekitarnya sudah tidak terisolasi. Perkembangan tersebut membuat kebutuhan masyarakat dan lembaga pendidikan perihal sinyal internet menjadi sangat tinggi.

Baca Juga: Pembangunan Rumah Swadaya Hampir Rampung

Namun, hal itu nampaknya masih belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat dan lembaga pendidikan di Manggarai Barat. Pasalnya, sejumlah daerah masih banyak yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi maupun internet.

Ia mengaku, masyarakat yang terutama kesulitan untuk mendapatkan sinyal telekomunikasi adalah yang tinggal di pedalaman atau mereka yang tinggal di daerah pegunungan di Kecamatan Macang Pacar.

"Jangankan untuk mengakses internet, terkadang hanya untuk memberi kabar atau mencari informasi yang penting melalui SMS atau telpon saja sangat sulit. Kawasan tersebut memang sebagian masih belum tersentuh,"kata Marthen Mitar.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Siswa SDI Kerora Bebas Dari Ancaman Komodo

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:22 WIB

Pencegahan Stunting Harus Dilakukan Secara konvergen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:08 WIB

Puluhan Sekolah Belum Terjangkau Jaringan Internet

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:44 WIB

Masyarakat Diminta Jangan Jadi Penonton

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:35 WIB

Nelayan Keluhkan Ketiadaan BBM

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:35 WIB

Paroki Datak Tanam Jagung 750 Hektar 

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:07 WIB

BPOM Kampanye Gunakan Komestik

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:07 WIB

PPL Diminta Turun ke Lapangan

Selasa, 26 Juli 2022 | 20:19 WIB

Kader BKB Diminta Antisipasi Masalah Stunting

Senin, 25 Juli 2022 | 08:15 WIB

Warga Sukarela Perbaiki Jalan Rusak

Jumat, 15 Juli 2022 | 12:19 WIB
X