Paroki Datak Tanam Jagung 750 Hektar 

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Tanaman Jagung secara Simbolis di Wol Desa Toko Ronggot Kecamatan Welak (victorynews.id/SATRIA)
Tanaman Jagung secara Simbolis di Wol Desa Toko Ronggot Kecamatan Welak (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Lahan seluas 750 hektar yang tersebar di Wol, Desa Golo Ronggot dan sejumlah desa sekitarnya di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat ditanami jagung. Penanaman simbolis dilakukan di Wol, Rabu (3/8/20022) sore.

Pastor Paroki Datak, Rm. Beni Jaya, Pr menjelaskan, program tanam jagung ini diinisiasi oleh Gereja Paroki Datak untuk mendorong meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah Desa Golo Ronggot dan sekitanya.

Selain itu, program ini digalakkan guna memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini dibiarkan terlantar.

Ia mengatakan, selain area 750 Hektar bibit jagung bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Manggarai Barat, sedikitnya 100 Hektar merupakan tanaman jagung Program Gubernur NTT,yakni Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS).Sebelumnya pada Juli 2022 lalu,kelompok tani di Kecamatan Welak telah panen puluhan ton jagung yang merupakan Program TJPS.

Ia mengaku, betapa sulitnya mengubah cara berpikir masyarakat di Kecamatan Welak. Bagaimana mengubah dan membuka pikiran masyarakat untuk mulai bekerja menggunakan teknologi dan pengetahuan yang lebih maju dan inovatif.

Baca Juga: DPRD Dorong Pemkab Manggarai Barat Kembangkan Pertanian

” Untuk membuka pikiran masyarakat kita itu memang susah. Tapi kami terus berusaha agar masyarakat mau berubah. Awalnya, susah sekali tapi akhirnya banyak yang mau,”tutur Beni Jaya.

Sementara itu, total lahan yang ditanam mencapai 750 hektar. Lahan terluas yang sudah dikelola dan ditanami terletak di dataran Wol, Desa Golo Ronggot sedangkan sebagian lahan lainnya tersebar di tiga desa di Kecamatan Welak.

Jika luas lahan yang ditanami berhasil maka diperkirakan akan menghasilkan 14 ton jagung yang dipanen tiga bulan ke depan.

Beni Jaya menjelaskan, penanaman jagung yang paling pokok adalah lajurnya menghadap matahari atau menghadap arah timur. Hal Ini dimaksudkan supaya tanaman mendapat sinar matahari yang cukup dipagi hari.

"Dengan pasokan matahari yang cukup, tanaman bisa tumbuh maksimal. Melalui penanganan yang optimal, tanaman jagung masyarkat di Paroki Datak ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi masyarakat,"katanya.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengapresiasi, inisiatif Gereja Paroki Datak yang menggerakan masyarakat untuk mengelola lahan-lahan yang masih terlantar demi meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah ini.

Petani di Paroki Datak memanfaatkan lahan seluas 750 meter persegi yang sebelumnya merupakan lahan tidur untuk dijadikan lahan produktif.

Baca Juga: Warga Nampar Macing Siapkan Homestay

Masyarakat di Kecamatan Welak melaksanakan program tanam jagung pada lahan tidur ini untuk memacu petani di Paroki Datak agar dapat juga memaksimalkan lahan tidur yang mereka miliki untuk dijadikan sebagai lahan pertanian strategis seperti salah satunya untuk tanam jagung seperti ini.

“Ke depannya tentu kita berharap kepada masyarakat Kecamatan Welak yang memiliki lahan kosong agar dapat memaksimalkannya untuk menjadi lahan produktif, sehingga tidak ada lagi lahan kosong yang tidak digunakan dengan maksimal lagi kedepannya,” ujar Edi Endi.

Menurut informasi,  ratusan lahan di Wol sudah dibagi-bagi  kepada masyarakat setempat juga kepada anggota TNI dan Polri untuk ditanami jaguang dan tanaman holtikultura lainnya. Proyek ini merupakan bentuk kerjasama antara gereja, pemerintah dan pengusaha.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Siswa SDI Kerora Bebas Dari Ancaman Komodo

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:22 WIB

Pencegahan Stunting Harus Dilakukan Secara konvergen

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:08 WIB

Puluhan Sekolah Belum Terjangkau Jaringan Internet

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:44 WIB

Masyarakat Diminta Jangan Jadi Penonton

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:35 WIB

Nelayan Keluhkan Ketiadaan BBM

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:35 WIB

Paroki Datak Tanam Jagung 750 Hektar 

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:07 WIB

BPOM Kampanye Gunakan Komestik

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:07 WIB

PPL Diminta Turun ke Lapangan

Selasa, 26 Juli 2022 | 20:19 WIB

Kader BKB Diminta Antisipasi Masalah Stunting

Senin, 25 Juli 2022 | 08:15 WIB

Warga Sukarela Perbaiki Jalan Rusak

Jumat, 15 Juli 2022 | 12:19 WIB
X