Warga Wae Sano Dambahkan Jalan Aspal dan Air Bersih

- Kamis, 14 Juli 2022 | 20:11 WIB
Ruas jalan menuju Desa Wae Sano Kecamatan Sano Nggoang (victorynews.id/SATRIA)
Ruas jalan menuju Desa Wae Sano Kecamatan Sano Nggoang (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Warga kampung Nunang, Desa Wae Sano Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat, hingga saat ini belum menikmati akses transportasi yang lancar dan memadai. Pasalnya, Kondisi jalan yang tanpa aspal menuju daerah obyek wisata Danau Sano Nggoang tersebut sangat memprihatinkan.

Warga Kampung Nunang, Desa Wae Sano, Alber Jandong yang ditemui di Labuan Bajo, Kamis (14/7/2022) mengaku, masyarakat Desa Wae Sano mendambahkan perbaikan akses jalan sepanjang 30 Kilo Meter (KM) di desa mereka. Pasalnya, akses jalan menuju Desa Wae Sano saat ini mengalami kerusakan, berlubang dan digenangi air ketika musim hujan.

Ruas jalan itu merupakan akses satu-satunya yang sering digunakan masyarakat menuju Desa Wae Sano.

Ia sangat berharap, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Manggarai Barat agar ruas jalan menuju kampung Nunang,Desa Wae Sano segera diaspal. Pasalnya, hingga saat ini kondisi  jalan menuju Wae Sano masih jalan tanah yang kondisinya juga semakin parah karena banyak rusak dan berlubang seperti kubangan kerbau.

Baca Juga: Warga Desa Bari Senang Jalan Hita- Bari diperbaiki

Ia mengatakan, komuditas pertanian seperti Kopi dan kemiri menjadi komoditi unggulan di Desa Wae Sano.Petani kesulitan memasarkan komoditi pertanian di Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat lantaran kondisi jalan sangat buruk.

Tokoh  masyarakat Wae Sano, Lambertus Latu mengatakan, masyarakat Wae Sano sangat merindukan kondisi jalan yang sangat memadai seperti jalan ke kampung lainnya di Manggarai Barat. Kondisi Jalan transportasi darat dari dan ke Wae Sano masih sangat sulit karena jalan menuju kampung Wae Sano kondisinya rusak.

Kerusakan yang paling parah  yakni  sepanjang puluhan Kilometer, Seperti pertigaan Desa Kempo,Kecamatan Mbeliling hingga Wae Sano Kecamatan Sano Nggoang.

Akibatnya kondisi jalan yang rusak ini, Menurut Lambertus Latu akses transportasi darat untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat sangat sulit. Warga dari kampung lain yang hendak mengikuti pasar mingguan Werang yang dibuka setiap hari Sebtu itu terpaksa harus berjalan kaki dengan memikul barang dagangan mereka.

Masyarakat Wae Sano ketika melintas jalan kabupaten itu masih dspat dilalui namun harus selalu berhati-hati karena banyak lobang di sepanjang jalan,”ungkap Lamber Latu.

Ia menjelaskan, obyek wisata Danau Sano Nggoang merupakan destinasi unggulan di Kabupaten Manggarai Barat.Namun sayangnya,kondisi jalan yang buruk membuat wisatawan tidak mengunjungi obyek wisata Danau Sano Nggoang.

Baca Juga: Warga Siru Minta Perbaik Jalan

Warga Wae Sano lainnya, Alfonsius Nagur mengaku, sejak lama dan berkali-kali saat reses anggota DPRD Manggarai Barat  keluhan kondisi jalan berkali-kali disampaikan baik kepada Bupati maupun kepada anggota DPRD.Namun, permintaan berkali-kali tersebut  oleh masyarakat Wae Sano sampai hari ini belum juga ada realisasi dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami sekali lagi mengharapkan perhatian dari Pemkab Manggarai Barat untuk segera mengaspal jalan menuju Wae Sano. Kita ingin wisatawan mengunjungi obyek wisata Danau Sano Nggoang,’’ ujarnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kondisi Sejumlah Sekolah Memprihatinkan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:13 WIB

KPA Manggarai Barat Bentuk Warga Peduli AIDS

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:04 WIB

Puluhan Tahun Warga Desa Pengka Nikmati Jalan Buruk

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:22 WIB

PDU Batu Cermin Belum Mampu Proses Sampah Organik

Jumat, 30 September 2022 | 16:34 WIB

Jalan Poros Utara Terancam Putus

Jumat, 30 September 2022 | 07:37 WIB

Warga Keluhkan Kondisi Ruas Jalan Tiwu Riwung

Kamis, 29 September 2022 | 21:10 WIB

Pemdes Watu Galang Bangun Jalan Usaha Tani

Selasa, 27 September 2022 | 14:11 WIB

Dua Warga Golo Mbu Terinveksi DBD

Senin, 26 September 2022 | 18:09 WIB

Kades Diminta Transparan Kelolah Anggaran

Senin, 26 September 2022 | 08:01 WIB

Masyarakat dalam Kawasan Hutan Mbeliling Gelar Rakor

Sabtu, 17 September 2022 | 17:32 WIB

Wisata Baca Merangsang Minat Baca Anak

Kamis, 15 September 2022 | 11:53 WIB
X