Burung Indonesia Dorong Masyarakat Ciptakan Lingkungan Bersih

- Selasa, 7 Juni 2022 | 16:54 WIB
Lembaga Burung Indonesia bersama masyarakat Wae Mata,Desa Gorontalo Kecamatan Komodo sedang membersihkan sampah (victorynews.id/SATRIA)
Lembaga Burung Indonesia bersama masyarakat Wae Mata,Desa Gorontalo Kecamatan Komodo sedang membersihkan sampah (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Lembaga Burung Indonesia mendorong masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat,NTT untuk menciptakan lingkungan yang  bersih dan ramah burung.

Dengan lingkungan yang bersih dan ramah masyarakat dipastikan nyaman dan sehat saat berada dilingkungan rumah masing-masing.

Lembaga Burung Indonesia bersama masyarakat Wae Mata,Desa Gorontalo,Kecamatan Komodo turun ke jalan guna membersihkan seluruh halaman rumah dan selokan yang ada didepan rumah, Selasa (7/6/2022).

Kegiatan itu bertujuan agar masyarakat membersihkan lingkungan mulai dari rumah masing-masing. Budaya membersihkan dari keliling rumah agar masyarakat terbiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah pada sembarangan tempat.

Staf Burung Indonesia, Ferdi Hamin mengatakan Lembaga Burung Indonesia turun tengah masyarakat untuk bersama-sama memungut sampah yang ada di halaman rumah dan badan jalan.

Baca Juga: Wisatawan Keluhkan Sampah di Perairan Labuan Bajo

Respon masyarakat di Labuan Bajo sangat bagus dengan ikut serta bersama Burung Indonesia membersihkan jalan dengan memungut seluruh sampah yang berada dikeliling rumah dan pinggir jalan.

Menurut Ferdi Hamin, dengan melibatkan masyarakat dalam membersihkan lingkungan mau menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan mulai dari lingkungan rumah masing-masing.

Masyarakat harus terus dilatih untuk menjaga kebersihan. Agar kedepannya tidak ada sampah yang  berserakan di depan rumah masyarakat.

"Warga Labuan Bajo belum sepenuhnya memiliki kesadaran untuk  menjaga kebersihan. Disejumlah titik seperti di Wae Mata masyarakat menjadikan satu area untuk menampung sampah. Dimana area yang  berada di samping SDI Wae Mata tersebut tidak memiliki tong sampah. Sehingga masyarakat seenaknya saja membuang sampah pada tempat itu," katanya.

Flores Program Manager Burung Indonesia,Tiburtius Hani yang ikut memungut sampah bersama masyarakat Wae Mata  meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat agar menyiapkan penampung sampah untuk disimpan pada masing-masing RT di Labuan Bajo.

Baca Juga: Dinsos Manggarai Barat Dorong WRSE Beternak Ayam Kampung

Dengan adanya penampug sampah di masing-masing RT maka masyarakat tidak lagi membuang sampah disembarang tempat. Dirinya juga meminta masyarakat agar membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Sampah harus menjadi perhatian semua pihak. Masyatakat diharapkan memperbiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan mulai dari rumah masing-masing. Masyarakat juga harus menyiapkan tempat sampah dimasing-masing rumah,"kata Tiburtius Hani.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kondisi Sejumlah Sekolah Memprihatinkan

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:13 WIB

KPA Manggarai Barat Bentuk Warga Peduli AIDS

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:04 WIB

Puluhan Tahun Warga Desa Pengka Nikmati Jalan Buruk

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:22 WIB

PDU Batu Cermin Belum Mampu Proses Sampah Organik

Jumat, 30 September 2022 | 16:34 WIB

Jalan Poros Utara Terancam Putus

Jumat, 30 September 2022 | 07:37 WIB

Warga Keluhkan Kondisi Ruas Jalan Tiwu Riwung

Kamis, 29 September 2022 | 21:10 WIB

Pemdes Watu Galang Bangun Jalan Usaha Tani

Selasa, 27 September 2022 | 14:11 WIB

Dua Warga Golo Mbu Terinveksi DBD

Senin, 26 September 2022 | 18:09 WIB

Kades Diminta Transparan Kelolah Anggaran

Senin, 26 September 2022 | 08:01 WIB
X