Kelola Aset, Desa Didorong Bangun BUMDes

- Selasa, 22 November 2022 | 05:45 WIB
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu. (victorynews.id/SATRIA)
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat menargetkan seluruh desa di wilayah itu memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Badan usaha tersebut dirasa perlu untuk mengelola aset-aset desa yang kian tahun terus meningkat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Manggarai Barat, Melkior Nurdin, Selasa (22/11/2022) mengatakan, dari 164 desa yang tersebar di 12 kecamatan saat ini, baru 40 desa yang memiliki BUMDes. Pihaknya terus melakukan sosialisasi agar desa yang belum memiliki badan usaha agar segera membentuk BUMDes sesuai dengan kekhasan masing-masing desa.
 
"Di tahun 2023, seluruh desa di wilayah Manggarai Barat diharapkan sudah memiliki BUMDes," katanya.
 
 
Ia mengatakan, keberadaan BUMDes dirasa perlu untuk pengelolaan aset desa. Terlebih saat ini ada banyak gelontoran dana dari pusat dan daerah ke tingkat desa. Seperti, Dana Desa dan Dana Alokasi Desa (DAD) yang besarnya mencapai miliaran rupiah.
 
Diharapkan, selain untuk pembangunan indrastruktur umum, dana yang dikelola desa tersebut juga bisa digunakan untuk memutar roda perekonomian di desa dengan pengembangan potensi ekonomi di masing-masing desa. 

 "Pembentukan BUMDes terus kita dorong agar pengelolaan aset desa bisa maksimal sesuai potensinya masing-masing," ujar Melkior Nurdin.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Canangkan Kawasan Wisata Terpadu di Pesisir Selatan

Camat Kuwus, Gabriel Bagung menuturkan, sejumlah desa di wilayahnya saat ini telah mengelolah aset milik desa. BUMDes juga telah memproduksi kopi yang dipasarkan di Labuan Bajo.

"BUMDes di Kecamatan Kuwus mengandalkan budidaya sektor pertanian dan BUMDes juga telah aktif pengeloaan spot wisata,"kata Gabriel  Bagung.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Manggarai Barat Diminta Baca Peluang Pasar

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:55 WIB

Pariwisata Manggarai Barat Diharapkan Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:16 WIB

Dorong UMKM Produksi Kain Tenun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:10 WIB

Stok Daging Sapi di Labuan Bajo Berkurang

Rabu, 14 Desember 2022 | 20:52 WIB

UMKM dan BUMDes Didorong Bersinergi

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB

BUMDes Didorong Kelola Homestay 

Selasa, 22 November 2022 | 06:33 WIB

Kelola Aset, Desa Didorong Bangun BUMDes

Selasa, 22 November 2022 | 05:45 WIB
X