Tingkatkan Penjualan, UMKM di Labuan Bajo Harus Kuasai Digital Marketing

- Jumat, 11 November 2022 | 06:19 WIB
Pelaku UMKM di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat saat mengikuti kegiatan digital transformation di Hotel Jayakarta Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)
Pelaku UMKM di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat saat mengikuti kegiatan digital transformation di Hotel Jayakarta Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Saat ini, digitalisasi ekonomi digital di sektor informal menjadi sangat penting. Pemanfaatan ekonomi digital menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam proses bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dalam memasarkan produk secara digital, UMKM harus mampu menguasai strategi digital marketing dan memiliki konten kreatif.

"Saat ini, semua orang ingin sesuatu yang cepat. Alternatifnya, ya UMKM di Labuan Bajo harus memanfaatkan media digital. Yang, juga harus diikuti dengan kemampuan marketing," jelas Prayudi, Dosen UPN Veteran Yogyakarta pada kegiatan Digital Transformation bagi para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) di daerah Destinasi Super Prioritas (DSP) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Masyarakat Didorong Bangun Desa

Ia menyarankan, pelaku UMKM di Labuan Bajo juga harus bisa tepat memilih platform media yang digunakan untuk pemasaran. Kesesuain produk dengan target pasar sasarannya  harus tepat.

Prayudi menjelaskan, dengan perkembangan ekonomi digital yang sangat cepat, transformasi digital sudah menjadi suatu keharusan bagi UMKM dalam rangka meningkatkan efisiensi dan pengembangan usaha.

"Digitalisasi UMKM memberikan banyak manfaat, antara lain membantu pemasaran produk secara meluas, mempermudah transaksi dan pencatatan keuangan melalui penggunaan platform pembayaran digital, serta meningkatkan akses pasar dan pelatihan pengembangan usaha," ungkapnya.

Ia mengatakan, pemerintah saat ini telah menyiapkan strategi meningkatkan kemampuan UMKM untuk berbisnis di era digital.

Baca Juga: Jelang Asean Summit 2023, Polda NTT Akan Ada Penambahan Personil

UMKM di wilayah DSP Labuan Bajo memiliki tantangan tersendiri dalam perkembangannya. Seperti, minimnya literasi teknologi digital khususnya untuk pemanfaatan pemasaran dan akses pasar. 

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Manggarai Barat Diminta Baca Peluang Pasar

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:55 WIB

Pariwisata Manggarai Barat Diharapkan Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:16 WIB

Dorong UMKM Produksi Kain Tenun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:10 WIB

Stok Daging Sapi di Labuan Bajo Berkurang

Rabu, 14 Desember 2022 | 20:52 WIB

UMKM dan BUMDes Didorong Bersinergi

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB

BUMDes Didorong Kelola Homestay 

Selasa, 22 November 2022 | 06:33 WIB

Kelola Aset, Desa Didorong Bangun BUMDes

Selasa, 22 November 2022 | 05:45 WIB
X