Bupati Manggarai Barat Minta Sektor Pertanian dan Perkebunan Digenjot

- Senin, 24 Oktober 2022 | 17:08 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi meminta para stakeholder terkait baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk memberikan perhatian serius terhadap pengembangan sektor pertanian dan perkebunan. Dengan majunya kedua ssktor itu akan mendukung kuatnya perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Saya tidak punya data lengkap, tetapi kalau mengambil contoh, di Kabupaten Manggarai Barat ini 70 persen dari penduduknya itu adalah petani, dan mereka itu termasuk ke dalam kelompok masyarakat yang pendapatannya sangat rendah,” papar Edi Endi, Senin (24/10/2022).

Menurutnya, kelompok masyarakat ini harus diberikan perhatian khusus, dikarenakan perubahan yang sangat cepat selama beberapa tahun ini membuat kelompok tani rentan untuk terpinggirkan. Tokoh masyarakat berharap, petani dapat diberdayakan dan pemerintah dapat memberikan bantuan berupa bibit dan pengolahan lahan.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Minta Penyuluh Fokus Membina Petani Hortikultura

Edi Endi mengatakan, potensi sektor pertanian dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Barat saat ini tersebar hampir seluruh kecamatan, di antaranya Mbeliling, Sano Nggoang, Kuwus, Kuwus Barat, Pacar, Macang Pacar, Welak, Lembor, Lembor Selatan, Kecamatan Ndoso dan Kecamatan Boleng.

Jika produktivitas pangan di daerah Manggarai Barat dapat di tingkatkan, kata Edi Endi, Kabupaten Manggarai Barat bukan hanya menjaga pertumbuhan ekonomi, tetapi juga meraih prestasi sebagai peringkat pertama produksi beras di NTT.

"Jika berbicara pertanian, maka tidak bisa bicara hulu saja tapi hilir juga. Oleh karena itu harus fokus membangun infrastruktur dan sekaligus membantu pemasarannya,” katanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Petani Manggarai Barat Diminta Baca Peluang Pasar

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:55 WIB

Pariwisata Manggarai Barat Diharapkan Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:16 WIB

Dorong UMKM Produksi Kain Tenun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:10 WIB

Stok Daging Sapi di Labuan Bajo Berkurang

Rabu, 14 Desember 2022 | 20:52 WIB

UMKM dan BUMDes Didorong Bersinergi

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB

BUMDes Didorong Kelola Homestay 

Selasa, 22 November 2022 | 06:33 WIB

Kelola Aset, Desa Didorong Bangun BUMDes

Selasa, 22 November 2022 | 05:45 WIB
X