Edi Endi : Anak Muda Jangan Jadi Penonton Dari Kemajuan Sektor Pariwisata

- Rabu, 28 September 2022 | 08:50 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi saat memberikan sambutan pada peluncuruan Sistem Wildlife Komodo Dalam Aplikasi INISA di Hotel Loccal Collection Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi saat memberikan sambutan pada peluncuruan Sistem Wildlife Komodo Dalam Aplikasi INISA di Hotel Loccal Collection Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi meminta anak muda di wilayah itu untuk menangkap peluang dari kemajuan sektor pariwisata melalui terlibat dalam bisnis sektor usaha wisata.

Ia mengatakan, peluang bisnis pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat lebih khususnya di wilayah Labuan Bajo sangat menjanjikan. Sehingga anak muda tidak boleh menjadi penonton dalam kemajuan sektor pariwisata. Ribuan wisatawan berkunjung di Labuan Bajo setiap tahunnya.

"Jangan sampai sayur,daging dan buah-buahan didatangkan dari luar Manggarai. Kita anak muda tangkap peluang itu dengan terlibat usaha pertanian,"ujar Edi Endi, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Ingatkan Calon Kades Lakukan Politik Uang Kena Sanksi

Ia mengatakan, kemajuan sektor pariwisata lebih khususnya di Labuan Bajo tujuannya bukan berapa jumlah pesawat ke Labuan Bajo dan berapa hotel yang dibangun. Melainkan kemajuan pariwisata sukses, jika porsentase masyarakat lokal terlibat dalam usaha bisnis pariwisata meningkat.

Anak muda di Manggarai Barat harus menangkap peluang tersebut tentunya dengan terlebih dahulu peningkatan SDM agar dalam usaha pariwisata mampu mendapatkan keuntungan.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, kata Edi Endi memiliki Balai Latihan kerja (BLK) agar masyarakat mampu mengelolaha usaha sektor pariwisata sesuai ketentuan. Apalagi sistem bisnis saat ini lebih banyak mengunakan teknologi, sehingga masyarakat atau anak muda perlu dilatih skil agar mampu bersaing dalam usaha sektor pariwisata dan pertanian.

Baca Juga: Anak Muda Labuan Bajo Didorong Tolak Paham Radikalisme

Tokoh Muda asal Kecamatan Mbeliling, Wilibrodus Jahur menyampaikan, tanah Manggarai Barat sangat subur. Banyak potensi yang dimiliki oleh daerah ini,namun belum optimal. Sehingga sangat penting keterlibatan anak muda untuk memanfaatkan potensi yang ada.

"Saya mengajak anak muda untuk mulai membangun daerah melalui usaha tanaman holtikultura," ajak Wili Jahur.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

UMKM dan BUMDes Didorong Bersinergi

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB

BUMDes Didorong Kelola Homestay 

Selasa, 22 November 2022 | 06:33 WIB

Kelola Aset, Desa Didorong Bangun BUMDes

Selasa, 22 November 2022 | 05:45 WIB

Harga Bahan Pokok di Labuan Bajo Stabil

Minggu, 20 November 2022 | 14:54 WIB

BPOLBF Diminta Tidak Berorientasi Kepentingan Investor

Minggu, 20 November 2022 | 13:36 WIB

Pemdes Siru Sumbang Puluhan Kambing Untuk Warga

Senin, 14 November 2022 | 18:29 WIB

Kopi Flores Mejeng di Pameran Ekraf Exotic NTT

Sabtu, 5 November 2022 | 13:10 WIB
X