Edi Endi Minta UMKM di Manggarai Barat Go Digital

- Selasa, 27 September 2022 | 21:17 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Baratmendorong peningkatan aksesibilitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk go digital. Pelaku UMKM di Kabupaten Manggarai Barat itu juga diminta meningkatkan produknya agar mampu bersaing dengan produk-produk nasional yang saat ini membanjiri media sosial.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Selasa (27/9/2022) mengatakan keberadaan UMKM selama ini memiliki peran yang strategis untuk memerangi kemiskinan. UMKM katanya, selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, juga memiliki kontribusi yang penting dalam mengatasi masalah pengangguran.

Baca Juga: Ibu Negara Iriana Joko Widodo Diagendakan Berkunjung ke Labuan Bajo

"Para pelaku UMKM juga tercatat berkontribusi positif terhadap industri ekonomi kreatif. Oleh karena itu saya berharap para pelaku UMKM bersungguh-sungguh dalam mengembangkan bisnis yang berdaya dan bernilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Ia mendorong, agar pelaku UMKM berani menghadapi tantangan. Salah satu caranya dengan meningkatkan aksesibilitas UMKM untuk menjadi UMKM Go Digital sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk memasarkan produk- produknya.

Ia meminta, UMKM di Kabupaten Manggarai Barat segera mengoptimalkan go digital go atau gerakan digitalisasi untuk memasarkan produknya dan bersaing pada pasar yang lebih luas.

"Kami dorong pelaku UMKM go digital. UMKM harus segera pasarkan produk secara digital, biar bisa tampil dan bersaing di pasar modern," kata Edi Endi.

Baca Juga: Pemdes Watu Galang Bangun Jalan Usaha Tani

Edi Endi mengaku, Pemkab Manggarai Barat mendukung penuh upaya digitalisasi UMKM untuk membangkitkan perekonomian daerah. Menurutnya, banyak produk lokal Manggarai Barat yang berkualitas pada berbagai bidang, baik kuliner, kriya, fesyen, dan kerajinan tangan.

Oleh karena itu, selain mempermudah transaksi lewat transaksi non tunai, butuh semakin banyak toko daring bagi produk lokal yang ada untuk meningkatkan jumlah penjualan dan minat beli masyarakat luas.

Menurut Edi Endi, UMKM harus meningkatkan kualitas produk dan lebih kreatif dalam berinovasi. Dengan demikian, UMKM bisa melebarkan sayap untuk tampil dan bersaing di pasar yang lebih luas, termasuk pasar modern.

Baca Juga: Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Ia memastikan, Pemkab Manggarai Barat terus bersinergi dan mendukung kemajuan usaha dari para pelaku UMKM.

"Saya minta para camat untuk melakukan jemput bola dalam memberikan ijin usaha kepada pelaku usaha kecil dan menengah. Termasuk dengan mewacanakan peraturan daerah yang mengutamakan untuk membeli produk lokal,"ujar Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

UMKM dan BUMDes Didorong Bersinergi

Sabtu, 26 November 2022 | 16:21 WIB

BUMDes Didorong Kelola Homestay 

Selasa, 22 November 2022 | 06:33 WIB

Kelola Aset, Desa Didorong Bangun BUMDes

Selasa, 22 November 2022 | 05:45 WIB

Harga Bahan Pokok di Labuan Bajo Stabil

Minggu, 20 November 2022 | 14:54 WIB

BPOLBF Diminta Tidak Berorientasi Kepentingan Investor

Minggu, 20 November 2022 | 13:36 WIB

Pemdes Siru Sumbang Puluhan Kambing Untuk Warga

Senin, 14 November 2022 | 18:29 WIB

Kopi Flores Mejeng di Pameran Ekraf Exotic NTT

Sabtu, 5 November 2022 | 13:10 WIB
X