Bupati Manggarai Barat Dorong Petani Kembang Tanaman Porang

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:18 WIB
Kelompok Tani di Kecamatan Lembor Selatan saat mengikuti Bimtek pengembangan tanaman Porang  (victorynews.id/SATRIA)
Kelompok Tani di Kecamatan Lembor Selatan saat mengikuti Bimtek pengembangan tanaman Porang (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat,Edistasius Endi terus berupaya mendukung petani ubi porang menjadi komoditas baru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayah Manggarai Barat.

Sebagai bentuk dukunganya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian provinsi NTT membekali para petani di daerah Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya tanaman Porang bagi Lima Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Lembor Selatan, Rabu (10/8/2022)

Edi Endi mendorong , para petani di wilayah itu membudidaya tanamam porang sebagai salah satu upaya untuk peningkatan ekonomi.Prospek budidaya Porang sebagai tanaman umbi sangat cocok untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani di wilayah Manggarai Barat.

Baca Juga: Politeknik eLBajo Commodus Memperkuat Kemitraan di Manggarai Barat

Ia menyampaikan, sebagai bentuk dukungan pengembangan tanaman porang di Kabupaten  Manggarai Barat, Pemkab Manggarai Barat melakukan pilot project budidaya tanaman Porang bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Provinsi NTT bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada petani bagaimana teknik budidaya porang yang baik untuk mendapatkan kualitas tanaman porang yang memiliki nilai ekonomis tinggi.Pasalnya, selama ini, petani Porang di Manggarai Barat umumnya melakukan budiaya porang dengan cara tradisional.

Edi Endi menegaskan,program pengembangan tanaman Porang ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani.Sarana produksi yang dibantu juga dapat digunakan secara maksimal sehingga hasilnya sangat maksimal bagi kesejahteraan.

"Ubi porang merupakan ubi yang memiliki prospek ekonomi yang cukup menjanjikan.Saya akan terus memfasilitasi para petani dengan melakukan pelatihan dan cara perawatan ubi porang secara baik dan benar,"kata Edi Endi.

Baca Juga: Wae Rebo Didorong Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Kepala Dinas Tanaman Pangan,Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Manggarai Barat,Laurensius Halu menyampaikan, pihaknya memiliki kepedulian terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat.Perhatian Pemkab Manggarai Barat, selama ini untuk sektor pertanian dua tahun terakhir sangat besar,seperti bantuan sarana dan prasarana pertanian dan bantuan benih porang.

Ia menegaskan, kelompok tani di Kecamatan Lembor Selatan perlu bersyukur bahwa mereka mendapatkan kesemapatan untuk mendapatkan berbagai fasilitas baik benih, pengetahuan budidaya porang maupun sarana dan prasarana yang mendukung budidaya porang ini.Kesempatan untuk mendapatakan pengetahuan budidaya tanaman Porang tidak didapatkan oleh petani lain.

Ia mendorong Lima Poktan di Kecaman Lembor Selatan untuk mengimplementasikan secara maksimal tanaman Porang  demi kesejahteraan petani itu sendiri.Pemerintah daerah Manggarai  Barat tentu sangat mendukung program ini.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Pastikan Kebutuhan Air Bersih Terpenuhi

"Saya mendorong Lima Poktan di Kecamatan Lembor Selatan itu perlu membudidayakan tanaman porang secara baik,sehingga menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan kesejahteraan para petani,"ujar Laurensius.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Pemkab Manggarai Barat Perlu Beri Ruang Ekonomi Lokal

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:32 WIB

Komodo Dinilai Belum Menguntungkan Masyarakat Lokal

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 20:48 WIB

Pembangunan Desa Wisata Harus Optimal

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 14:37 WIB

Labuan Bajo Harus Bangun Sentra Kerajinan Khas

Jumat, 30 September 2022 | 15:52 WIB

Penenun Diminta Serius Jalani Usaha

Kamis, 29 September 2022 | 18:10 WIB

Masyarakat Desa Wisata Didorong Bangun Homestay

Rabu, 28 September 2022 | 13:37 WIB

Petani Keluhkan Harga Penjualan Komoditas

Selasa, 27 September 2022 | 21:47 WIB

Edi Endi Minta UMKM di Manggarai Barat Go Digital

Selasa, 27 September 2022 | 21:17 WIB

Kampung Coal Diminta Genjot Potensi Wisata

Senin, 26 September 2022 | 16:14 WIB

Pelaku UMKM Didorong Berkolaborasi

Sabtu, 24 September 2022 | 15:17 WIB

Pendapatan Warga Pulau Komodo Berkurang

Sabtu, 17 September 2022 | 19:18 WIB

Suzuki East Marine Buka Diler Di Labuan Bajo

Sabtu, 17 September 2022 | 18:10 WIB

Nelayan Keluhkan Kenaikan BBM

Rabu, 14 September 2022 | 14:45 WIB

Penumpang Ferry Dapat Beli Tiket Di Kantor Pos

Rabu, 14 September 2022 | 09:49 WIB
X