Pasar Warloka Sebagai Pasar Barter Harus Dilestarikan

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:48 WIB
Ketinting milik nelayan di Desa Warloka parkir tidak melaut lantaran cuaca buruk (victorynews.id/SATRIA)
Ketinting milik nelayan di Desa Warloka parkir tidak melaut lantaran cuaca buruk (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Kepala Desa Warloka,Kecamatan Komodo,Abdulah, Selasa (2/8/2022) bertekad mempertahankan dan melestarikan Pasar Warloka sebagai pasar barter dengan alasan pariwisata.

Ia mengatakan, Pasar Warloka merupakan pasar barter sejak Indonesia merdeka. Sejumlah bukti sejarah hingga saat ini masih ada tersisa di area Pasar Warloka tersebut.Untuk mengembangkan sektor pariwisata, pihaknya menginginkan agar pasar barter itu tetap dipertahankan.

Menurutnya,pada zaman dahulu tidak sulit menemukan pasar barter. Dimana para pembeli dan penjual dapat melakukan pertukaran barang dengan barang. Sejak tahun 2005 hingga saat ini pasar barter sangat sulit ditemukan  bahkan hampir tidak ada lagi. Oleh karena itu dirinya mempertahankan Pasar Warloka tetap menjadi pasar barter.

Ia mengatakan, ciri khas pasar Warloka sebagai pasar barter sangat perlu dipertahankan dan dilestarikan. Pasar barter merupakan salah satu keunikan yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Desa Warloka.Desa Warloka yang berada dipingir pantai mempermuda akses wisatawan dari Labuan Bajo. Selain itu Warloka sangat dekat dengan Pulau Rinca,obyek wisata dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca Juga: Stok BBM di SBPU Labuan Bajo Kosong

Warga Warloka, Mustafa Nasrul mengatakan, Pasar Warloka hingga saat ini masih berjalan. Pertukaran barang antara penjual dan pembeli masih berlanung. Pasar Warloka dilaksanakan setiap hari Selasa.Barang-barang yang dibarter di Pasar Warloka diantaranya ubi,pisang dan sayur-sayuran dari petani.Kemudian ditukar dengan ikan hasil tangkapan masyarakat Warloka yang menjadi nelayan.

"Pasar Warloka dibuka setiap hari. Di Pasar Warloka,masih ada  tukar ikan dengan sayur dan buah dari masyarakat yang ada di pedalaman. Kadang petani juga membawa beras untuk ditukar dengan ikan. Sangat ramai saat pasar pada hari Selasa," tutur Mustafa.

Pasar Warloka sebagai pasar barter harus dipertahankan. Para nenek moyang meninggalkan pasar barter tersebut,sehingga anak cucu Kampung Warloka harus tetap mempertahankan pasar Warloka sebagai pasar barter.

Untuk wilayah Manggarai Barat hanya pasar Warloka yang masih mempertahankan pasar barter itu.Sehingga daya tarik tersendiri jika pasar Warloka dipertahankan,wisatawan pasti akan mengunjungi Desa Warloka untuk melihat keunikan pasar Warloka.

Baca Juga: Mahasiswa Politeknik eLBajo Commodus Magang Kerja Di Bank BRI

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan, dirinya sejak lama meminta Pemerintah Desa Warloka untuk mempertahankan dan melestarikan pasar Warloka sebagai pasar yang unik dengan sistem barter tersebut.

Selain keunikan yang dimiliki oleh Pasar Warloka, pasar tersebut juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan. Hingga saat ini aktifitas dipasar Warloka masih berjalan setiap hari Selasa. Tentu harus diperkuat dengan promosi kepada wisatawan terkait keberadaan pasar barter tersebut.

"Saya sudah sampaikan kepada pemerintah desa agar pasar Warloka harus dilestarikan. Saat ini pemerintah kabupaten sedang membenah akses infrastruktur menuju Desa Warloka. Selama ini akses menuju Warloka melalui laut. Kedepan akses darat untuk menuju Warloka juga akan terus dibenah,"ujar Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Stok Pangan di Kuwus Barat Masih Cukup

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:41 WIB

Warga Pulau Komodo Bertahan Dengan Menjual Asam

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:39 WIB

Pensiunan ASN Usaha Ayam Bertelur

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:27 WIB

Pelajar SMK Negeri 1 Welak Belajar Tanam Hidroponik

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:21 WIB

BUMDes Kolarek Diapresiasi

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:38 WIB

Nasib TKBM di Labuan Bajo Tidak Terurus

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:02 WIB

Masyarakat Diminta Manfaatkan Sektor Pariwisata 

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:44 WIB

Harga Bawang Merah Terus Meningkat

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:26 WIB

Pasar Warloka Sebagai Pasar Barter Harus Dilestarikan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Labuan Bajo Perlu Tingkatkan Produksi Udang

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:03 WIB

Golomory Luncur Kemasan Baru Kopi Asli Manggarai

Senin, 25 Juli 2022 | 16:25 WIB

Masyarakat Didorong Jadi Peternak Ayam Kampung

Selasa, 19 Juli 2022 | 15:03 WIB
X