Labuan Bajo Perlu Tingkatkan Produksi Udang

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:03 WIB
Aktifitas di Tambak Kepiting milik Koperasi Rumah Biru Sejahtera di Desa Golo Sepang,Kecamatan Boleng. (victorynews.id/SATRIA)
Aktifitas di Tambak Kepiting milik Koperasi Rumah Biru Sejahtera di Desa Golo Sepang,Kecamatan Boleng. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Daya tarik wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT harus ditopang dengan ketersediaan pangan bagi wisatawan dan masyarakat lokal. Salah satu potensi yang bisa dioptimalkan adalah peningkatan produksi udang dengan memanfaatkan potensi tambak di sekitar Labuan Bajo.

Anggota DPRD Manggarai Barat, Vitus Usu, Senin (1/8/2022) menjelaskan, kebutuhan udang budidaya akan terus meningkat seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan di Labuan Bajo, yang menjadi pintu masuk ke Pulau Komodo. Apalagi, potensi budidaya udang juga sangat besar di pesisir Labuan Bajo.

"Jika tidak diantisipasi maka ketergantungan pangan dari luar daerah Manggarai Barat, bahkan luar pulau Flores akan terus meningkat,"katanya.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Dorong Pengembangan Desa Wisata Tanpa Merusak Alam

Ia mengaku, telah melakukan survey dan menilai potensi pengembangan budidaya udang tersebut sangat memungkinkan. Sejumlah aspek lingkungan dan sumber daya lahan juga masih sangat luas.

Potensi pengembangan udang di pesisir Pulau Flores, khususnya wilayah Manggarai Barat masih sangat besar. Hal itu akan mengerakkan perekonomian lokal sehingga bisa menjadi alternatif pendapatan bagi nelayan tradisional.

Vitus Usu mendorong masyarakat untuk menjalankan usaha perikanan budidaya seperti ikan air tawar dan udang. Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui instansi terkait membantu memfasilitasi masyarakat.

Ia mengharapkan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan fokus memberdayakan masyarakat yang memang berusaha didaratan. Seperti membuat kolam udang dan ikan.

Baca Juga: PSSI Manggarai Barat Kirim 20 Pemain U-17 Ikut Soeratin Cup

Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mengaku, potensi budidaya udang di wilayah pesisir Labuan Bajo dan sekitarnya sangat besar. Dirinya mendorong nelayan untuk mulai membudidaya udang sebagai usaha tambahan selain melaut.

Saat ini, terdapat dua kecamatan yang berpotensi dikembangkan,yakni Kecamatan Komodo dan Boleng.

"Potensi budidaya udang cukup besar di daerah ini, apalagi nelayan kebanyakan bermukim di kawasan pantai bisa memiliki usaha udang,"katanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Stok Pangan di Kuwus Barat Masih Cukup

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:41 WIB

Warga Pulau Komodo Bertahan Dengan Menjual Asam

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:39 WIB

Pensiunan ASN Usaha Ayam Bertelur

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:27 WIB

Pelajar SMK Negeri 1 Welak Belajar Tanam Hidroponik

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:21 WIB

BUMDes Kolarek Diapresiasi

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:38 WIB

Nasib TKBM di Labuan Bajo Tidak Terurus

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:02 WIB

Masyarakat Diminta Manfaatkan Sektor Pariwisata 

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:44 WIB

Harga Bawang Merah Terus Meningkat

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:26 WIB

Pasar Warloka Sebagai Pasar Barter Harus Dilestarikan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Labuan Bajo Perlu Tingkatkan Produksi Udang

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:03 WIB

Golomory Luncur Kemasan Baru Kopi Asli Manggarai

Senin, 25 Juli 2022 | 16:25 WIB

Masyarakat Didorong Jadi Peternak Ayam Kampung

Selasa, 19 Juli 2022 | 15:03 WIB
X