Masyarakat Didorong Jadi Peternak Ayam Kampung

- Selasa, 19 Juli 2022 | 15:03 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat mendorong masyarakat di wilayah itu untuk beternak ayam kampung. Pasalnya selama ini pasokan aya untuk kebutuhan restoran didatangkan dari luar Kabupaten Manggarai Barat.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Selasa (19/7/2022) mendorong masyarakat harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha ayam kampung untuk meningkatkan ekonomi. Apalagi kebutuhan ayam di sejumlah restoran di Labuan Bajo sangat tinggi.

Sangat disayangkan jika ayam didatangkan dari luar daerah. Salah satu usaha yang berpotensi dari segi pendapatan adalah beternak ayam Kampung.

Ia mengaku, hingga saat ini sebagian masyarakat sukses beternak ayam, sebagian juga belum mampu serius beternak ayam. Dirinya mendorong masyarakat beternak ayam dikarenakan proses beternak ayam Kampung sangat mudah dilakukan oleh masyarakat.

Apalagi binatang tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama untuk besar. Serta tidak membutuhkan modal yang banyak untuk berusaha. Selain itu, permintaan ayam Kampung sangat tinggi di Labuan Bajo.

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Gelontorkan Rp 14 Miliar Dana BPJS Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Dengan masyarakat Manggarai Barat serius beternak ayam Kampung,maka dipastikan hotel dan restoran di Labuan Bajo tidak membeli ayam diluar daerah Manggarai Barat.

Edi Endi melihat pentingnya usaha ternak ayam dari ekonomi. Sebab, menurut dia, beternak ayam sangat relevan dengan kebutuhan pasar, khususnya di Labuan Bajo yang merupakan kota pariwisata.

“Bayangkan saja, kalau ada 255 ribu penduduk di Manggarai Barat, dan sepuluh persennya mengkonsumsi telur, itu berarti kita membutuhkan 25-30 ribu butir telur per hari atau setara dengan 70-90 juta rupiah uang yang dikeluarkan per hari. Dan selama ini semua itu didatangkan dari luar NTT. Kalau kita yang beternak ayam maka uang itu bisa menguntungkan kita”, tambahnya.

Ia berjanji, siap memberikan bantuan anak ayam kepada masyarakat yang serius ingin beternak ayam. Masyarakat yang ingin beternak ayam Kampung diberikan kesempatan untuk mendapat bantuan anak ayam dan pelatihan menjadi peternak ayam Kampung.

Apalagi selama ini sudah ada ratusan bibit ayam yang sudah ia bagikan kepada masyarakat untuk dikembangkan.

Baca Juga: BTNK Ajak Masyarakat Peduli Masalah Sampah 

Warga Desa Tondong Belang,Kecamatan Mbeliling, Bertolomeus Jarut mengaku, selama ini warga di Kampungnya beternak ayam dengan cara tradisional.Beternak ayam bukan menjadi pekerjaan utama masyarakat dikarenakan masyarakat masih fokus mengurus sektor pertanian seperti tanaman Cengke,Cokelat dan buah-buahan seperti Durian,rambutan dan Salak.

"Sangat bagus jika masyarakat didorong untuk diberi pelatihan cara beternak ayam. Hal itu dikarenakan selama ini masyarakat memelihara ayam kampung dengan cara tradisional," tuturnya.

Diakuinya,permintaan ayam Kampung di di sejumlah kecamatan juga sangat tinggi. Selain untuk kebutuhan untuk acara adat, ayam juga diperlukan untuk kebutuhan pesta.

Bagi desa yang tidak memiliki ayam yang banyak,terpaksa harus membeli ayam di Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat. Harga ayam Kampung di Pasar di Labuan Bajo sangat mahal. Hal itu disebabkan ayam Kampung didatangkan dari luar Manggarai Barat.

Baca Juga: Bupati Manggarai Dorong Dua Desa jadi Desa Wisata Tenun

"Beternak ayam Kampung memang bukan pekerjaan yang memberatkan masyarakat karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk serius memperhatikan ayam. Kami sangat senang jika Pemkab Manggarai Barat mendorong masyarakat di Kampung untuk tekun beternak ayam," kata Jarut.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Pemkab Manggarai Barat Perlu Beri Ruang Ekonomi Lokal

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:32 WIB

Komodo Dinilai Belum Menguntungkan Masyarakat Lokal

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 20:48 WIB

Pembangunan Desa Wisata Harus Optimal

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 14:37 WIB

Labuan Bajo Harus Bangun Sentra Kerajinan Khas

Jumat, 30 September 2022 | 15:52 WIB

Penenun Diminta Serius Jalani Usaha

Kamis, 29 September 2022 | 18:10 WIB

Masyarakat Desa Wisata Didorong Bangun Homestay

Rabu, 28 September 2022 | 13:37 WIB

Petani Keluhkan Harga Penjualan Komoditas

Selasa, 27 September 2022 | 21:47 WIB

Edi Endi Minta UMKM di Manggarai Barat Go Digital

Selasa, 27 September 2022 | 21:17 WIB

Kampung Coal Diminta Genjot Potensi Wisata

Senin, 26 September 2022 | 16:14 WIB

Pelaku UMKM Didorong Berkolaborasi

Sabtu, 24 September 2022 | 15:17 WIB

Pendapatan Warga Pulau Komodo Berkurang

Sabtu, 17 September 2022 | 19:18 WIB

Suzuki East Marine Buka Diler Di Labuan Bajo

Sabtu, 17 September 2022 | 18:10 WIB

Nelayan Keluhkan Kenaikan BBM

Rabu, 14 September 2022 | 14:45 WIB

Penumpang Ferry Dapat Beli Tiket Di Kantor Pos

Rabu, 14 September 2022 | 09:49 WIB
X