Bupati Manggarai Barat Ajak Warga Beli Produk UMKM Lokal

- Rabu, 8 Juni 2022 | 19:16 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi (victorynews.id/SATRIA)
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengajak warga lokal membeli produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendukung perekonomian daerah tetap tumbuh.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat menginginkan tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat Manggarai Barat dan UMKM lokal dapat meningkat.

Ia mengaku di masa pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 hingga 2021,persentase penjualan hasil karya UMKM turun dratis.Sehingga dengan membeli produk UMKM,maka salah satu upaya masyarakat untuk mendukung dan memajukan UMKM lokal.

"Sudah semestinya kita saling membantu, termasuk membantu dengan cara yang paling sederhana, yakni membeli produk UMKM lokal " ajak Edi Endi, Rabu (8/6/2022) siang.

Baca Juga: Proyek Infrastruktur Desa Tidak Boleh Pakai Kontraktor

Produk UMKM di Manggarai Barat selama ini seperti pakian yang terbuat dari bahan kain tenun Manggarai, topi rea dan selendang.Serta usaha makanan lokal sudah mulai digalakan oleh UMKM di pendopo pada malam hari.

Demi menumbuh dan bertambannya UMKM lokal di Kabupaten Manggarai Barat,maka keterlibatan masyarakat lokal untuk membeli produk UMKM sangat dibutuhkan.

Edi Endi mengaku, di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat terdapat banyak usaha rumahan yang membuat kue dan kripik.UMKM itu biasanya menggunakan resep membuat kue dan kripik dari turun temurun.

Rasa kue dan kripik buatan kelompok ibu-ibu tidak kalah jauh dengan kue yang dijual di mini market.Produk UMKM dan industri rumah tangga di Kabupaten Manggarai Barat sejak 2018 terus tumbuh.

Apalagi saat ini  beberapa UMKM yang menjual produknya secara online melalui media sosial terutama via medsos baik Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya, sehingga ia berharap konsumen membeli produk ini sebagai upaya membantu perekonomian lokal.

"Jadi pelaku UMKM lokal di Manggarai Barat selain menjual produknya secara konvensional, beberapa tahun lalu pun ada yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk menjual produknya,"kata Edi Endi.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Perhatikan Jalan di Kecamatan Kuwus

Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Marthen Mitar mengaku, pelaku UMKM lokal di Kabupaten Manggarai Barat sudah mulai meningkat jumlahnya.Pendapatan pelaku UMKM lokal di Manggarai Barat pada masa covid-19 2021 lalu turun dratis, sehingga UMKM perlu diperkuat agar mampu bertahan.

Ia mendorong, Pemkab Manggarai Barat untuk memperkuat UMKM lokal melalui program dan bantuan modal kerja.Selain memberikan bantuan modal kerja, Pemkab Manggarai Barat juga memberikan wadah dalam pemasaran produk yang dihasilkan UMKM.

Marthen Mitar mengatakan, pentingnya memberdayakan perekonomian masyarakat dengan UMKM.Dirinya meminta Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasu Perindustrian, Koperasi dan UKM untuk membuat terobosan dalam pemberdayaan perekonomian UMKM yang disesuaikan dengan potensi masing-masing wilayah.

Baca Juga: Burung Indonesia Dorong Masyarakat Ciptakan Lingkungan Bersih

"Salah satu kebijakan yang  akan memberikan dampak positif bagi perekonomian adalah memberikan stimulus dalam bentuk modal kerja bagi UMKM lokal.Stimulus dan pelatihan  akan membuat UMKM bisa tetap bertahan," Kata Marthen Mitar.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pulau Komodo Bertahan Dengan Menjual Asam

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:39 WIB

Pensiunan ASN Usaha Ayam Bertelur

Senin, 8 Agustus 2022 | 11:27 WIB

Pelajar SMK Negeri 1 Welak Belajar Tanam Hidroponik

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:21 WIB

BUMDes Kolarek Diapresiasi

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:38 WIB

Nasib TKBM di Labuan Bajo Tidak Terurus

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:02 WIB

Masyarakat Diminta Manfaatkan Sektor Pariwisata 

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:44 WIB

Harga Bawang Merah Terus Meningkat

Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:26 WIB

Pasar Warloka Sebagai Pasar Barter Harus Dilestarikan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Labuan Bajo Perlu Tingkatkan Produksi Udang

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:03 WIB

Golomory Luncur Kemasan Baru Kopi Asli Manggarai

Senin, 25 Juli 2022 | 16:25 WIB

Masyarakat Didorong Jadi Peternak Ayam Kampung

Selasa, 19 Juli 2022 | 15:03 WIB
X