Perkuat UMKM, Disnakertranskopukm Manggarai Barat Akan Bangun Sentra UMKM

- Senin, 21 Maret 2022 | 19:40 WIB
Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranspukm) Kabupaten Manggarai Barat,Theresia P.Asmon (victorynews.id/SATRIA)
Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranspukm) Kabupaten Manggarai Barat,Theresia P.Asmon (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranspukm) Kabupaten Manggarai Barat akan membangun sentra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat,NTT.

Senta UMKM nantinya merupakan tempat penjualan seluruh produk UMKM yang ada di daerah destinasi super premium itu.

Kepala Disnakertranskopukm Kabupaten Manggarai Barat, Theresia P.Asmon,Senin (21/3/2022) mengatakan, pihaknya segera membangun sentra UMKM. Melalui sentra UMKM, diharapkan UMKM di Kabupaten Manggarai Barat semakin berkembang.

Baca Juga: Disparekrafbud Manggarai Barat Dorong Evaluasi SOP Kunjungan Wisatawan ke TNK

Ia mengatatakan, sentra UMKM di bangun bertujuan untuk mendekatkan UMKM dengan pasar. Fasilitas UMKM akan dibuat menarik dan lengkap agar bisa menarik masyarakat luas.

Ia mengatakan, sentra UMKM merupakan pemasaran terpadu, yang didalamya ada pengelola. Saat ini, dirinya sedang mencari lahan untuk dijadikan sentra UMKM.

Theresia menyampaikan, beragam kerajinan tangan maupun olahan makanan ringan hasil UMKM Kabupaten Manggarai Barat akan dijajakan di Sentra UMKM.

Disnakertranskopukm juga tengah memfasilitasi para UMKM untuk memasukan produknya ke hotel dan restaurant di Labuan Bajo.

Baca Juga: Dua Wisatawan Asal Medan Meninggal Dunia Saat Berwisata di Kawasan Taman Nasional Komodo

Ia mengaku, Pemkab Manggarai Barat tidak hanya melatih masyarakat untuk berwirausaha, melainkan juga lengkap dengan fasilitas pemasarannya, sehingga dengan adanya sentra produk UMKM para pelaku UMKM, secara khusus bisa berkembang sesuai harapan," tambahnya.

Menurutnya, produk UMKM yang dijual di sentra UMKM nantinya merupakan hasil dari seluruh UMKM. Produk UMKM yang dijual berstandar dan layak dikonsumsi.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan, untuk menggenjot indeks pembangunan manusia dari sektor daya beli masyarakat, salah satunya harus didorong melalui pengembangan UMKM.

"Mulai dari permodalan sampai pemasaran produk UMKM kita harus carikan solusi terbaik.Sentra UMKM ini salah satu solusi dari segi pemasaran,” ujarnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

PLN Dukung Percepatan Konversi Kendaraan Listrik

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:41 WIB

Festival Kopi Flores Bangkitkan UMKM Lokal

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:17 WIB

Kesiapan BPOLBF Menuju Status BLU

Kamis, 23 Juni 2022 | 08:42 WIB

Harga Cabai Rawit di Labuan Bajo Meroket

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:15 WIB

Pengrajin Kesulitan Pemasaran Patung Komodo

Senin, 20 Juni 2022 | 17:59 WIB

Pelaku UMKM Diminta Terus Produktif

Selasa, 7 Juni 2022 | 18:41 WIB

Hotel dan Restoran di Dorong Pakai Kopi Lokal

Sabtu, 28 Mei 2022 | 17:36 WIB

Petani Kopi Bebas dari Tengkulak

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:23 WIB

Pemdes Galang Perkuat UMKM Tenun

Jumat, 20 Mei 2022 | 15:49 WIB

Warga Bari Kesulitan Pasarkan Kelapa

Kamis, 5 Mei 2022 | 15:46 WIB

Harga Bawang Terus Melambung

Senin, 25 April 2022 | 20:47 WIB

Harga Pangan Stabil

Jumat, 22 April 2022 | 13:56 WIB
X