Menparekraf Ajak UMKM Lokal di Labuan Bajo Jadi Lokomotif Kolaboratif

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:59 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandi Uno adalah satu-satunya pejabat tinggi negara setingkat menteri yang pertama kali menginjakkan kakinya di Waerebo. (Facebook/Sandi Uno.)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno atau Sandi Uno adalah satu-satunya pejabat tinggi negara setingkat menteri yang pertama kali menginjakkan kakinya di Waerebo. (Facebook/Sandi Uno.)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menjadi lokomotif kolaborasi.

Dorongan itu disampaikan Sandiaga Uno disela-sela meninjau fasilitas yang sudah dibangun di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Kamis (27/1/2022) di Puncak waringin Labuan Bajo.

Baca Juga: Polres Mabar Gelar Vaksinasi Covid-19

Sandiaga Uno menjelaskan tentang pengoptimalan keterlibatan pelaku UMKM menjelang G20. Menurutnya, pelaku UMKM lokal harus menjadi pemain sekaligus lokomotif yang kolaboratif.

"Saya ingin mengajak semua berkolaborasi agar para pelaku ekonomi kreatif di Labuan Bajo menjadi pemain sekaligus lokomotif, namun tidak sendiri tetapi harus mengajak semua supaya bisa naik kelas bersama" pungkas Sandiaga.

Ia mengatakan bahwa Puncak Waringin adalah simbol kolaborasi dan sarana untuk bertukar informasi di antara para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) serta menjadi pendorong multiplayer effect kepada sektor lain.

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Diminta Perhatikan Akses Jalan Menuju Istana Ular

"Creative hub adalah sebuah ruang utk silaturahmi dan bertukar informasi. Di sini juga kita melihat bukti kolaborasi lintas kementerian dan lembaga. Keseriusan pemerintah pusat terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo menjadikannya sebagai salah satu DPSP dan oleh karena itu kita harus ambil semangat optimisme bersama, bergandengan tangan dan mengambil momentum ini sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi kita" jelas Sandiaga.

Sandiaga juga mengungkapkan bahwa lebih dari 20 juta penduduk Indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga dengan berbagai fasilitas baru yang dibangun pemerintah, akan menciptakan lapangan pekerjaan dan memberi semangat baru pada pelaku ekraf terutama di saat pandemi seperti saat ini.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Tags

Terkini

Petani Kopi Bebas dari Tengkulak

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:23 WIB

Pemdes Galang Perkuat UMKM Tenun

Jumat, 20 Mei 2022 | 15:49 WIB

Warga Bari Kesulitan Pasarkan Kelapa

Kamis, 5 Mei 2022 | 15:46 WIB

Harga Bawang Terus Melambung

Senin, 25 April 2022 | 20:47 WIB

Harga Pangan Stabil

Jumat, 22 April 2022 | 13:56 WIB

Bupati Manggarai Barat Dorong UMKM Berinovasi

Senin, 18 April 2022 | 18:43 WIB

Harga Pangan di Manggarai Barat Stabil

Sabtu, 9 April 2022 | 18:50 WIB
X